Minggu, 12 Juli 2020

Bercocok tanam di polybag salah satu solusi untuk bangkit dimasa Pandemi


Dimasa pandemi covid-19 yang tidak tahu kapan selesainya, perlu ada hal-hal yang kita siasati untuk mengisi aktivitas sehari-hari, salah satunya dengan bercocok tanam di bolybag. Kegiatan ini sangat cocok dilakukan bagi kita yang tidak lagi memiliki lahan yang luas untuk ditanami, kita bisa memanfaatkan tempat yang kosong disekitar pekarangan, dibelakang atau disamping rumah. Dengan bermodalkan polybag, tanah, kompos dan beberapa jenis bibit tanaman kita sudah bisa bercocok tanam.

Kapanpun kita bisa memperhatikan dan merawat tanaman tersebut karena berada dekat dengan kita. Ada beberapa manfaat yang kita rasakan ketika berocok tanam di polybag disekitar rumah. Yang pertama adalah membuat kita lebih segar karena melihat berbagai jenis tanaman yang berwarna hijau, yang manambah keindahan sekitar rumah dan tentu saja hal ini membuat kita tidak jenuh dirumah seharian.

Manfaat kedua adalah hasil dari tanaman tersebut bisa kita konsumsi sendiri, misalnya seperti yang kami lakukan dengan menanam sayur sawi dipolybag yang berada disamping rumah, setelah sekitar satu bulan setengah sudah bisa dipanen dan dikonsumsi. Begitu juga dengan tanaman lainnya seperti cabe, tomat dan bawang. Ketika kita mengkomsumsi hasil dari tanaman kita sendiri, otomatis sudah meringankan pengeluaran uang belanja, karena tidak perlu lagi membelinya.

Adapun manfaat yang ketiga, hasil tanaman tersebut bisa dijual kalau memungkinkan, apabila kita bercocok tanam dengan jumlah tanaman yang banyak. Tetapi kalaupun tidak bisa dijual paling tidak kita bisa berbagi dengan keluarga dan tetangga disekitar rumah yang membutuhkan sehingga hal tersebut bisa menjadikan rasa kekeluargaan yang terjalin semakin baik.

Dengan bercocok tanam disekitar rumah menolong kita untuk tetap bertahan dan bangkit di tengah pandemi...

Ayo bangkit dan tetap semangat ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iman dan Ilmu Pengetahuan

Iman dan Ilmu Pengetahuan   (Oleh: Sahat Serasi Naibaho, S.Si, Gr.)   Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal:  dalam ...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini