Selasa, 12 Januari 2021

Menjadi Editor Buku Para Guru Inspiratif



Malam hari ini merupakan malam yang luar biasa bagi saya,,, berada bersama-sama dengan 22 guru-guru inspiratif se-Indonesia. Ya, mereka adalah guru-guru hebat yang mengikuti Program "Wardah Inspiring Teacher (WIT) tahun 2020" dengan jumlah peserta 1800 guru dari seluruh pelosok nusantara yang direkomendasikan oleh guru, siswa dan juga masyarakat. Untuk lebih mengetahui lebih lengkap tentang WIT 2020 bisa dibaca di link berita berikut ini https://www.idntimes.com/life/education/tyas-hanina-1/wardah-inspiring-teacher/2.

Ibu Dra. Lilis Ika Herpianti Sutikno, SH. atau akrab di panggil Bunda Lilis Sutikno, Ibu Guru Cantik, Guru Inspirasi NTT. Beliaulah yang membawa saya ikut bersama-sama dengan para alumni WIT 2020 untuk menghasilkan karya buku antologi "Kisah Inspirasi Selama Mengikuti WIT 2020". Karena memang bunda Lilis Sutikno juga merupakan salah satu peserta WIT 2020 yang diselenggarakan secara daring pada tahun 2020 yang lalu karena adanya pandemi.

Saya merasa sangat berbahagia, bagaimana tidak bahagia, berada bersama-sama dengan guru-guru yang luar biasa, guru-guru inspiratif se-Nusantara. Bahkan hal yang membuat saya lebih bangga lagi diberikan kesempatan sebagai editor buku para guru hebat tersebut. Dan ini merupakan buku kelima yang akan saya editori. Dimana satu buku sedang dalam proses cetak dan 4 lagi masih dalam proses editing.

Buku perdana saya sebagai Editor Buku

Malam ini saya dipercayakan bunda Lilis untuk berbagi pengalaman menulis bersama 22 guru yang bersedia menjadi penulis buku antologi WIT tersebut. Semuanya serba cepat, kemarin (Senin malam) bunda Lilis meminta saya untuk berbagi pengalaman menulis sehingga saya pun mempersiapkannya apa adanya. Saya bercerita bagaimana awalnya saya mulai terjun dalam kepenulisan buku sejak 10 Juni 2020 yang lalu.

Sejak itulah saya yang dulunya tidak suka menulis, akhirnya jatuh cinta dengan dunia menulis. Terkhusus sejak Bunda Lilis mengajak saya terlibat di Kelas Menulis Buku Inspirasi (MBI) yang sudah terlaksana sebanyak dua gelombang (Gelombang pertama 24 Agustus s/d 1 September 2020 dan Gelombang ke-2 tanggal 10 November s/d 14 Desember 2020) banyak pengalaman baru yang saya alami. 

Di Kelas MBI Gelombang pertama inilah saya pertama kali menjadi Moderator Kelas Belajar Menulis Buku, dan akhirnya menjadi Narasumber Menulis, dan juga berhasil menuliskan karya Buku Antologi bersama peserta Kelas MBI Gelombang-1 "Merdeka Menulis Buku Inspirasi"dengan judul tulisan saya "Menahan Diri Kunci Meredam Konflik" 

Buku Antologi bersama peserta Kelas MBI Gelombang 1

Pada Kelas MBI Gelombang ke-2, bukan hanya menulis di Buku Antologi Bundaku Jilid-1, tapi saya akhirnya naik level,, hehe... Bunda Lilis mempercayakan saya menjadi Editor Buku Bundaku Jilid-2... Dari Penulis, Kurator (penanggung jawab penulisan buku), Moderator, Narasumber dan akhirnya menjadi Editor buku.... Luar biasa,,,, Terima kasih Bunda Lilis,,, Sang Motivator Sejati...

Di dalam Kelas Menulis Buku Kisah WIT 2020 ini, saya sangat berharap akan lahirlah karya yang menginspirasi bagi banyak orang. Sehingga kita tidak lagi menjadi guru-guru yang biasa-biasa saja, tetapi menjadi Guru Inspiratif melalui karya buku yang bisa menginspirasi sekeling kita, menginspirasi teman-teman guru dan juga anak didik kita. 

Quotes dari Bunda Lilis "Menulis Semudah ceplok telur", sudah saya alami. 
Yang pasti untuk mewujudkannya mari segera lakukan rumus: 
3M "Mulai.. Mulai... Mulai ...  
dan 
Menulis... Menulis...Menulis..."   
Kita semua pasti bisa

Ayo, Semangat untuk menginspirasi dunia.... 

5 komentar:

  1. Alhamdulillah... semua ilmu Bunda tentang menulis semudah ceplok telur telah tertanam pada peserta KELAS WAG MBI dan sahabat MBI telah bermetamorfosa menjadi penulis hebat dunia. Selamat dan sukses Pak Sahat.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah... semua ilmu Bunda tentang menulis semudah ceplok telur telah tertanam pada peserta KELAS WAG MBI dan sahabat MBI telah bermetamorfosa menjadi penulis hebat dunia. Selamat dan sukses Pak Sahat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih buat kesempatan,. kepercayaan dan motivasi yang selalu bunda berikan kepada saya
      .. Sehat dan sukses selalu buat bunda, Sang motivator sejati

      Hapus
    2. Terima kasih buat kesempatan,. kepercayaan dan motivasi yang selalu bunda berikan kepada saya
      .. Sehat dan sukses selalu buat bunda, Sang motivator sejati

      Hapus
    3. Terima kasih buat kesempatan,. kepercayaan dan motivasi yang selalu bunda berikan kepada saya
      .. Sehat dan sukses selalu buat bunda, Sang motivator sejati

      Hapus

Postingan Terbaru

Iman dan Ilmu Pengetahuan

Iman dan Ilmu Pengetahuan   (Oleh: Sahat Serasi Naibaho, S.Si, Gr.)   Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal:  dalam ...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini