Sabtu, 26 Desember 2020

Refleksi dan Resolusi menyambut Tahun 2021


Waktu terus berjalan, tiada yang bisa menahan. Tiada terasa tahun 2020 akan segera berlalu, digantikan tahun baru 2021. Kehidupan ini memang akan terus berlangsung. Sepertinya baru saja memejamkan dan membuka mata tetapi waktu terus berganti dan masa lalu tidak bisa diulangi lagi. Apa yang kita lakukan dengan kondisi yang ada dengan waktu yang terus melangkah? 

Kita perlu refleksi. Ya, memandang sejenak ke masa-masa yang telah kita lalui khususnya di tahun 2020 yang akan segera berlalu. Bagaimana perjalanan hidup kita selama tahun 2020, baik itu keberhasilan ataupun kegagalan, mari kita renungkan kembali bagaimana semuanya itu kita jalani. Secara global memang tahun 2020 adalah tahun penuh ujian dan tantangan. Bagaimana tidak, dengan adanya wabah virus Corona, semua manusia merasakan dampaknya yang pastinya sangat berpengaruh pada kehidupan kita di tahun ini. 

Tetapi saat ini mari secara pribadi mengevaluasi diri, bagaimana kita di tengah situasi yang ada mampu untuk bertahan dan bahkan menjalani semuanya dengan ucapan syukur. Bahkan menjadi pribadi yang lebih matang dan dewasa dalam berfikir dan bertindak, karena kita ketahui bahwa tantangan kehidupan pasti akan selalu datang silih berganti, tetapi diharapkan fokus kita bukan masalah tersebut tetapi bagaimana kita bisa tetap berpengharapan di tengah situasai sangat sulit sekalipun, dan pastinya itu akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih dewasa dan matang.

Pertanyaan selanjutnya adalah sudah sejauh mana kita mampu dalam menggunakan waktu dan kesempatan yang ada untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi? Pribadi yang lebih baik dalam artian semakin baik dalam hal pengetahuan, keterampilan, sosial bahkan spiritual. Kita semua diberikan waktu yang sama, tetapi pastinya kita bisa berbeda-beda dalam memanfaatkan waktu yang ada. 

Dalam hal pengetahuan, bukan harus di dapat dari instansi pendidikan formal atau yang dinamakan sekolah. Tetapi pengetahuan dari pengalaman sehari-hari yang kita dapatkan dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak paham menjadi paham. Dalam hal ini diperlukan kemampuan membaca yang baik, baik dari sumber tulisan bahkan dari kemampuan kita membaca situasi dan sekeliling yang bisa membuat kita lebih paham tentang banyak hal. 

Di dalam bidang keterampilan juga tidak kalah pentingnya. Apa keterampilan yang sudah kita asah, pertajam dan akhirnya kita miliki di tahun 2020 ini? Keterampilan memerlukan kreasi yang akan menghasilkan sebuah karya. Pastinya diperlukan juga latihan, latihan dan terus latihan sehingga keterampilan itu bisa kita kuasai sepenuhnya, bahkan bisa menjadi ahli di bidang tersebut. Pertanyaannya apakah selama setahun ini ada keterampilan baru atau keterampilan yang semakin kita kuasai?

Sebagai makhluk sosial, kita juga dituntut untuk berinteraksi dengan sesama. Bukan hanya sekedar berinteraksi, kita juga dituntut untuk bisa berkontribusi kepada masyarakat di mana kita berada. Untuk meningkatkan peran sosial diharapakan bisa terlebih dahulu mengesampingkan egoisme. Sifat yang berfokus pada kepentingan diri sendiri tanpa menghiraukan apa yang terjadi dengan orang lain. Sebagai manusia kita akan benar-benar merasakan kebahagiaan sejati ketika kita bisa bermanfaat bagi orang lain.

Spiritual adalah hal yang sangat mendasar bagi setiap insan. Dengan keyakinan yang kita imani menjadi dasar kita untuk memandang dan menjalani hidup yang fana. Spiritual yang baik pada seseorang akan membuatnya bergantung sepenuhnya kepada Sang Pemilik dan Pencipta Alam Semesta ini. Sangat diperlukan evaluasi diri dalam aspek spiritual dengan berharap hari-hari yang akan datang kita akan semakin memiliki kualitas iman yang lebih baik.   

Dengan mengingat-ingat kembali berbagai aspek yang sudah kita jalani di tahun 2020 yang akan segera berlalu, biarlah hal itu menjadi pengalaman dan pembelajaran yang mendorong kita untuk senantiasa memperbaiki diri. Menyambut resolusi pada tahun 2021 dengan berkomitmen akan melangkah dan menggunakan waktu dengan lebih bijaksana lagi. Impian dan harapan menjadi pribadi yang lebih baik dan tentunya juga berbagai aspek kehidupan yang lebih baik lagi di tahun yang baru semoga terwujud, dengan berjuang, berusaha dan berkarya. Berkarya bukan untuk diri sediri saja tetapi juga menghasilkan karya yang manfaatnya bisa dirasakan oleh orang lain.

Mari sambut tahun baru dengan optimis dan semangat selalu...   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Di mana kebahagiaan itu berada?

Di mana kebahagiaan itu berada? Kadang lelah jiwa mencari Karena dahaga yang tak terobati Rasa haus akan kebahagiaan Yang diharapkan memberi...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini