Jumat, 04 Desember 2020

The Power of "Pada Suatu Hari"

Kalimat "Pada suatu hari" pasti sudah tidak asing bagi kita semua. Kita sering mendengarnya pada masa kecil dulu, ketika mendengarkan cerita dari guru, bahkan saat  ini pun kalimat tersebut tidak jarang digunakan dalam memulai sebuah cerita atau dongeng di buku maupun Televisi.

Siapa sangka kalimat tersebut memiliki kekuatan yang begitu besar dalam menulis. Disaat keinginan menulis sangat kuat dan sudah ada ide di kepala tetapi sulit untuk dituangkan dalam bentuk tulisan, maka diperlukan suatu formula atau rumus jitu untuk memecahkan masalah kebuntuan tersebut, salah satunya dengan memulai tulisan dengan kalimat "Pada suatu hari".

The Power of "Pada suatu hari" merupakan materi yang dibawakan oleh Pak Eko Daryono yang merupakan Narasumber Kelas WAG MBI pada jumat malam tanggal 4 Desember 2020.  Mengawali kelas, kalimat "Pada suatu Hari" langsung muncul pada judul puisi yang ditampilkan dalam menyambut Narasumber malam ini. Berikut isi puisi yang sangat menggugah tersebut:

Pada Suatu Hari Nanti (Karya Sapardi Djoko Damono)

Pada suatu hari nanti,
jasadku tak akan ada lagi,
tapi dalam bait-bait sajak ini,
kau tak akan kurelakan sendiri.

Pada suatu hari nanti,
suaraku tak terdengar lagi,
tapi di antara larik-larik sajak ini.

Kau akan tetap kusiasati,
pada suatu hari nanti,
impianku pun tak dikenal lagi,
namun di sela-sela huruf sajak ini,
kau tak akan letih-letihnya kucari.


Pak Eko pun memulai kelas dengan menyatakan bahwa "Kunci utama menulis adalah menulis, bukannya berpikir". Deadlock menulis dikarenakan kita terlalu banyak berpikir... jadi lari deh semua ide... kabur.....

Kalau kunci menulis adalah menulis... lha... menulisnya harus dari mana...., Oleh karenanya kita bisa gunakan jurus "Pada Suatu Hari", ungkap beliau.


Sebenarnya dari kebiasaan kita mengarang waktu SD serta dari kebiasaan mendengarkan dongeng, kita sudah akrab dengan kalimat "Pada suatu hari", Kalimat ini bisa menjadi solusi kebuntuan dalam menulis. Karena sering ide sudah ada tetapi kita sulit untuk menuliskannya.


Sehingga kalimat "Pada suatu hari" bisa menjadi salah satu solusi dalam memecahkan kebuntuan dalam menuliskan ide. Begitu keran terbuka dengan tulisan pertama yang kita tuliskan dengan kalimat "Pada suatu hari", maka tulisan akan mengalir seperti air.


Kita jangan sepele dengan kalimat "Pada suatu hari", karena kalimat tersebut bisa menjadi solusi dalam menghasilkan berbagai jenis karya


Contoh artikel yang menggunakan kalimat "Pada sutau hari"

Contoh Puisi yang menggunakan kalimat "Pada suatu hari"

Contoh Lagu yang menggunakan lirik "Pada suatu hari"

Dongeng yang menggunakan kalimat "Pada suatu hari"



Bahkan kalimat "Pada suatu hari" bisa mengungkapkan perasaan yang sedang PATAH HATI,,, Contohnya ketika rasa masakan tak sesuai harapan, pergi nurut Google map malah kesasar, mau buat kejutan eh... ternyata tak sesuai harapan. Mau ada tamu dibela-belain persiapan eh... nggk jadi datang. Semuanya bisa kita tuliskan dengan memulainya dengan kalimat "Pada suatu hari".

Demikian hebatnya kalimat "Pada suatu hari", sehingga bisa menjadi solusi pada saat kita merasa sepertinya menulis itu sulit. Ketika sudah ada ide, tetapi kita tidak tahu bagaimana menuliskannya, cobalah dengan memulai tulisan anda dengan kalimat "Pada suatu hari". 

Karena dalam menulis, yang sulit adalah memulainya, ketika sudah dimulai yakinlah maka kata demi kata akan segera mengalir seperti air mengikuti kalimat yang sudah disusun sebelumnya.

Selamat mencoba, dan tetap semangat

7 komentar:

  1. Kerennn banget pak...the power of pada suatu hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya pak,,, sukses selalu buat kita

      Hapus
  2. Mantap Pak Sahat... sukses selalu...

    BalasHapus
  3. Pada suatu hari yang cerah, saya mendapatkan link tautan ini. Saya mencoba klik tautan tersebut dan saya mendapatkan ide tentang menulis yang diawali dengan kalimat pada suatu hari. Semoaga pada suatu hari nanti saya bisa tumbuh menjadi guru berliterasi.

    BalasHapus
  4. Amin,,, Pada suatu hari saya membaca komentar di blog saya, rupanya pak Indra Wahyudin mengungjungi dan berkomentar di blog saya,,, semoga pada suatu hari nanti beliau menjadi guru yang sukses dan menjadi guru berliterasi yang hebat.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, pada suatu bisa menghipnotis semua orang.

    BalasHapus

Postingan Terbaru

Di mana kebahagiaan itu berada?

Di mana kebahagiaan itu berada? Kadang lelah jiwa mencari Karena dahaga yang tak terobati Rasa haus akan kebahagiaan Yang diharapkan memberi...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini