Rabu, 26 Agustus 2020

Medeka Menulis (Bapak I Nengah Suradnya, S.Pd., M.Pd.)


Ruang Kelas Menulis Buku Inspirasi pada malam hari ini terasa berbeda dari sebelumnya, pada pembelajaran kali ini sangat kental dengan keberagaman yang ada di Nusantara. Peserta belajar yang sebelumnya hanya 55 peserta sekarang genap berjumlah 100 peserta dengan bergabungnya dua gelombang rombongan besar Bapak/ibu dari Bali yang tadi pagi disambut dengan penuh kehangatan dan tentunya juga peserta yang spesial yakni ibu Pujiati dari Medan.

Acara dimulai dengan doa yang dipimpin oleh Ibu Susyati yang mempersilahkan seluruh peserta untuk berdoa menurut keyakinan masing-masing. Selanjutnya saya sebagai moderator memandu kelas untuk menyambut kehadiran Narasumber hebat malam ini Bapak I Nengah Suradnya, S.Pd, M.Pd. dengan tarian penyambutan yakni tari Pendet dari Bali ...


Suasa seperti seolah-olah nyata bukan di dunia maya, itulah yang dirasakan oleh para peserta pada malam ini. Ditambah lagi dengan pemaparan dari Narasumber pada malam ini disampaikan dengan sangat baik dengan Judul "Merdeka Menulis". 

Bapak yang menorehkan berbagai prestasi dan penghargaan ini menyatakan bahwa menulis itu dimulai dari berpikir, dilanjutkan dengan  kesungguhan hati sehingga adanya tindakan untuk mau menulis.


Adapun referensi sebagai bahan untuk menulis bisa kita dapatkan dari berbagai sumber, kita memiliki kebebasan baik itu dari bakat/hobi, lingkungan sekitar, profesi, bahkan kegiatan sehari-hari yang kita lakukan.
 

Di dalam menulis perlu keberlanjutan, artinya tidak hanya sementara atau momentum seketika saja, maka perlu komitmen untuk meluangkan waktu untuk menulis.


Ketika kita sudah menulis akan ada dampak positif atau manfaat yang diperoleh, diantaranya berguna dalam pengembangan profesi, pengembangan bakat/hobi bahkan peningkatan dalam bidang keuangan (finansial) apalagi bisa menghasikan tulisan best seller. 


Bagaimana supaya aktifitas menulis tetap terjaga? caranya dengan motivasi yang bisa diperoleh dari komunitas penulis yang akan saling mendorong untuk tetap konsisten dalam menulis. Seorang penulis sangat sulit untuk menghasilkan karya dengan menyendiri makanya perlu jejaring dengan kelompok atau grop menulis seperti yang dilaksanakan di kelas menulis buku Insirasi ini.


Sungguh sangat memotivasi materi yang dibawakan Bapak I Nengah Suradnya malam hari ini, mengingatkan untuk tetap semangat didalam menulis. Sebagai pribadi yang bebas dan merdeka untuk menulis, karena setiap pribadi kita memiliki keunikan masing-masing sehingga akan menghasilkan style tulisan yang berbeda-beda. 

Doa penutup yang dibawakan oleh seorang suster biarawati yakni peserta dari perbatasan Indonesia Timor Leste melengkapi hikmatnya pertemuan pada malam hari ini. Semoga ilmu yang dibagikan pada kegiatan ini dapat bermanfaat untuk mendorong dan memotivasi setiap peserta untuk tetap semangat dalam menulis untuk menghasilkan Karya... 

Semangat... Semangat .... Semangat

Tanya jawab pada sesi diskusi :  
Pertanyaan 1 : Nama: Modesta Abuk Manek SMPK Tunas Harapan Santo Petrus Lahurus, Pertanyaan: Terimakasih untuk Bapa narasumber. Bagaimana memotivasi guru dan siswa-siswi di sekolah untuk membaca dan menulis?
Jawaban :Terimakasih  ibu Modesta Abuk Manek...salah satu cara motivasi  yang kami lakukan adalah dengan memberikan ruang kepada anak-anak secara terjadwal tampil dalam bentuk curah pendapat, penyampaian ide atau sebagai motivator cilik...
Untuk bapak/ibu guru diberikan ruang untak tetap rajin mencari berbagai sumber literasi dalam menambah wawasan anak dan membudayakan untuk menyampaikan segala tugas dan tanggung jawabnya secara rutin.

Pertanyaan 2 : Nama: Putu Negara, Instansi : SMPN 1 Nusa Penida, Pertanyaan : Menarik sekali paparan malam ini yang saya tanyakan bagaimana caranya merumuskan latar belakang yang baik karena kendala dalam menulis itu ada di latar belakang. Trimakasih
Jawaban : Terimakasih bapak Putu, salah satu langkah adalah mencari penyebab permasalahan yg muncul, kendala-kendala yang ada atau dihadapi, dari hal itu akan terindentifkasi permasalahan.

Pertanyaan 3:
Selamat malam, Bp Sahat, ijin saya mau tanya, Nama: I Wayan Santi Ika, Instansi: SMPN 1 Banjarangkan. Pertanyaan: luar biasa materinya Bp Narasumber, selain 5 K tadi, sebagai pemula adakah langkah-langkah yg perlu diikuti, sehingga yang kita tulis lebih mengena ke hasil tulisan yg diharapkan, terima kasih.
Jawaban : Trimkasih bpk Wy, dapat dilkukan dengan sering membaca karya teman atau orang lain. Untuk lebih bisa dibagikan kepada orang lain saya sarankan bpk/ibu guru membuat Blog. Sehingga kita bisa saling berbagi saling bisa diberikan masukan.

4 komentar:

  1. Slmt pagi bpk Sahat luat biasa resume yg bpk buat, isi lugas, sederhana nmun.bermkna..mari kikta lnjutkn....

    BalasHapus
  2. Keren Pak...
    Ini yang Bunda maksudkan, maaf baru komen, pekerjaan di dunia nyata menumpuk...

    BalasHapus

Postingan Terbaru

Di mana kebahagiaan itu berada?

Di mana kebahagiaan itu berada? Kadang lelah jiwa mencari Karena dahaga yang tak terobati Rasa haus akan kebahagiaan Yang diharapkan memberi...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini