Jumat, 28 Agustus 2020

MENULIS BUKU INSPIRASI (DRA. LILIS SUTIKNO, SH)

 


Sebuah karya tulisan hendaknyalah bukan hanya memberikan kepuasan bagi penulisnya, tetapi hal yang sangat  luar biasa apabila karya tersebut bisa berdampak bagi orang lain, bahkan bisa menginspirasi orang lain dengan  pesan atau makna yang tersirat didalamnya.

Kelas Menulis Buku Inspirasi Pada malam hari ini kembali menyegarkan peserta untuk terlibat dalam karya-karya yang menginspirasi. Bunda Lilis Sutikno yang menggagas kelas ini kembali menjadi Narasumber untuk membagikan segudang pengalaman yang sudah beliau miliki. Yang sebelumnya membagikan materi disambut dengan tarian Remo dari Jawa Timur :


Kemudian sebagai moderator, saya memberikan kesempatan kepada beliau untuk memaparkan materi. Diawal memulai kelas Bunda Lilis mengatakan bahwa sebenarnya beliau nervous, karena berhadapan dengan figur-figur yang luar biasa, seperti Prof. Pujiati dari Medan, Pak Taufik Hidayat penulis yang sudah mengelilingi 70 Negara, Pak Imo Dosen Politeknik Undana Kupang, Pak Nengah, Pak Thomas, Pak Jefri pemilik Rote Ndao, Kepala Sekolah SMPN 2 Nekamese Ibu Dra. Rukmini Dwi Wanti, berserta wakilnya Bapak Ferdinandus Sulasi dan  banyak sosok-sosok luar biasa lainnya yang tidak bisa beliau sebutkan satu-persatu.Tetapi beliau mengatakan doa dan berserah kepada Tuhan adalah kuncinya, sehingga beliau dimampukan untuk menyampaikan materi pada malam hari ini.

Di dalam pemaparannya tentang buku inspirasi, sosok yang juga merupakan Instruktur Provinis NTT tersebut menyampaikan sebuah tulisan yang berjudul "Inspirasiku untuk anak negeri" beliau bercerita ditengah berbagai tantangan dari berbagai pihak beliau tetap berjuang dalam membimbing siswa yang bernama Maria Stefania Tangela yang berhasi menuliskan buku antologi puisi yang ber-ISBN. Tulisan tersebut akan dimuat dibuku antologi "Ukir Prestasi dan tebar Inspirasi"


Beliau berpesan bahwa di dalam menulis buku inspirasi diperlukan untuk : 


Beliau juga menceritakan bagaimana akhirnya mampu menulis sebuah karya yang laris manis dengan judul "Guru adalah Inspirasi" yang berhasil menjadi buku best seller yang kurang dari tiga bulan terjual seribu buku. Karya tersebut berasal dari tulisan-tulisan yang diposting di facebook diramu menjadi sebuah buku.

Menulis... Menulis.... dan terus Menulis itulah yang selalu dilakukan beliau, Semangat yang terus berkobar untuk menulis apa saja, dan akhirnya beliaupun meraih Juara 2 Nasional lomba menulis Inspirasi "My Teacher My Hero Award Indonesia Digital Learning" pada tahun 2015. Sungguh mengagumkan ....

Di dalam menulis khususnya bagi penulis pemula beliau berpesan untuk fokus saja untuk menulis, tidak usah pikirkan bagaimana orang lain menilai kita. "Jika pikiran seperti itu ada dalam diri kita kita tak akan pernah maju" urai beliau.

Diakhir pemaparan beliau menyampaikan di dalam dunia menulis inspirasi, tuliskan apa yang terjadi dalam diri kita, yang bisa kita berikan tauladan kepada orang lain dan beliapun memberikan contoh tulisan yang beliau sebut sebagai karya inspirasi masa kini yang berjudul "Menahan diri Kunci Meredam Konflik" dan "Kisah Inspiratif diatas Negeri". 

Mudah-mudahan dengan apa yang sudah disampaikan beliau beserta karya-karya yang telah beliau hasilkan mampu menginspirasi setiap peserta untuk menghasilkan tulisan yang Menginspirasi orang lain... Semoga... 


Tanya jawab pada sesi diskusi :
Pertanyaan 1 (dari Bu Pujiati) : Pak Taufik yg bu lilis maksud, penulis dunia ya? Tks
Jawaban : Pak Taufiq Hidayat adalah seorang Dosen dan Penulis, yang sudah keliling di 70 Negara. tulisan beliau sangat menginpirasi pembacanya. Saya selalu berdoa untuk beliau sehat dan berumur panjang. Saya juga, agar saya bisa berjumpa darat dan belajar lebih banyak dari beliau. Nanti jadwal mengajar beliau hari Selasa, 1 September 2020. Kosongkan jadwal dan mari kita belajar pada gurunya maha guru menulis Bapak Taufiq Hidayat

Pertanyaan 2 (dari Bu Pujiati) : Bagaimana merealiasasikan everything for beginners is difficult, Bagaimana cara bapak ibu semua nara sumber penulis buku saat awal menulis buku? Bagaimana mengatasi kesulitan awal dalam mengatasi hambatan psikologis, pengetahuan dan teknik menulis non fiksi tsb? Tks
Jawaban : everything for beginners is difficult artinya segalanya untuk pemula itu sulit. Terima kasih Prof. Puji pertanyaannya, saya sungguh takut dan deg.. deg.. an juga dengan pertanyaan dari Prof. Dari saya berpikir soal itu. Bersyukur saat ini zaman sudah canggih. Ketika saya tak paham bahasa Inggris saya klik muncullah artinya... 
Kejujuran itu perlu, dan ini kelemahan saya tidak bisa bahasa inggris. Ibu Puji, pasti menyimak dengan baik materi saya tadi. JUJUR HARI INI SAYA TAKUT. Apalagi setelah melihat ibu tampil di Webinar tadi Saya gemetar bu, sementara di sudut kota nun jauh di sana ada Prof. Menulis Inspirasi Dunia juga mengamati gerak langkah kami di sini. Yang dekat dengan saya Dosen Undana juga. Ini adalah AWAL BAGI SAYA menjadi Narasumber dihadapan orang-orang hebat.
Saya memulainya selalu melibatkan Allah dalam hidup saya. Dan di luar dugaan saya, Pak Sahat ketika mau memulai menjadi Narasumber di Kelas WAG MBI ini melakukan hal yang sama.
Bagi saya Tuhan adalah sumber dari segala-galanya
Dan saya tak pernah berpikir yang negatif dalam diri saya, karena berpikir negatif akan berdampak negatif dalam jiwa kita. Saya selalu berpikir positif dan melibat Allah dalam hidup saya. Dalam buku saya perdana, Bapak Thomas menuliskan bahwa saya lemah dalam hal menulis ilmiah. Dan saya menyadari saya lemah dalam dunia ilmiah, Tapi apakah saya trus diam?... Pasrah?... Saya terus belajar dan belajar... Hingga saya mematahkan pendapat Bapak Thomas dalam Endorsemen Buku Perdana saya dengan meluncurnya buku karya tulis ilmiah saya ini Bu... 


Inilah buku ilmiah saya bu, Penelitian sederhana PTK jadi BUKU, Demikian Bu jawaban saya

Pertanyaan 3 : malam bunda ijinkan saya bertanya apa yang harus kita lakukan,, sebagai penulis pemula dalam menghilangkan rasa tidak percaya diri....
Jawaban : Ini konsepnya sama dengan Pak Sahat, 3M Menulis... Menulis... Menulis...., Mulai... Mulai... Mulai...
Jangan pikirkan orang lain menilai kita, Jika hal itu ada dalam pikiran kita, kita tidak akan pernah maju. Dengan berpikir positif terhadap siapapun, pasti akan muncul rasa percaya diri dalam diri kita

Pertanyaan 4 : Selamat Malam Bunda Lilis dan TIM YG HEBAT.. Bersyukur  Tiwi bisa bergabung.. Saluuuuttt Buat Bunda.Prestasi Ibu Luar Biasa. Pertanyaan saya..Sejak Kapan Ibu mulai serius menulis dan Berhasil menyusun Buku?? . Bagaimana trik2 utk memunculkan MOTIVASI INTRINSIK KITA UTK TETAP SEMANGAT DALSM MENULIS.Terima Kasih.
Jawaban : Serius menulis buku sejak bergabung dengan AGUPENA NTT. Saya dan Bapak Thomas, juga ibu Rukmini Dwi Wanti sekarang PLT Kepala Sekolah saya, itu adalah pendiri AGUPENA NTT. Sejak itu saya mulai aktifkan FB, nulis di FB... Bapak Thom baca, lalu bicara Bunda... Saya biasa dipanggil Bunda, sapaan akrab dari organisasi saya WANITA ISLAM NTT Saya Wakil ketua bidang Organisasi dan Pengkaderan Wanita Islam NTT. Bergerak dalam bidang Dakwah, Sosial, dan Pendidikan. Pak Thom bilang, Tulisan di Facebook itu diarsipkan dalam laptop, narasinya bagus, sangat memberi inspirsai pembacanya. Sejak itu tulisan saya di FB saya arsipkan... plus dengan tanggal dan jam postingnya. Ternyata benar kata beliau, ketika saya hendak meluncurkan buku, saya tinggal ambil dari arsip di laptop saya. Ada 9 judul dalam buku GURU adalah INSPIRASI 8 diantaranya itu kisah di FB saya, Bab 9 itu saya kerjakan semalam Tidak tidur. Dan buku itu habis cepat, karena Bapak Minhajul Nagbidin membeli buku saya 2 kali. sebanyak 200 buku dibayar cash Rp. 15.000.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Di mana kebahagiaan itu berada?

Di mana kebahagiaan itu berada? Kadang lelah jiwa mencari Karena dahaga yang tak terobati Rasa haus akan kebahagiaan Yang diharapkan memberi...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini