Selasa, 25 Agustus 2020

Pengalaman Pertama Menjadi Narasumber

 


Malam ini merupakan malam yang istimewa dalam hidupku,, setelah kemarin menjadi Moderator yang juga pengalaman pertama bagiku (Senin, 24 Agustus) dengan bunda Lilis sebagai Narasumber, malam ini saya diberikan kepercayaan oleh Bunda menjadi pemateri di kelas Guru Inspirasi dan Guru Daerah Khusus, yang merupakan pengalaman pertama saya sebagai Narasumber. 

Kelas diawali bunda Lilis dengan memperkenalkan kami secara singkat, saya sebagai Narasumber dan dimoderatori oleh pak Eko Daryono yang mengabdi sebagai guru di SMP Negeri 3 Mojolaban Sukoharjo Jawa Tengah. Kemudian beliau membagi foto bunda dengan om Jay dan Bu Kanjeng yang merupakan sosok-sosok luar biasa, inspirator dalam Literasi di Nusantara.

Kelas berjalan dengan lancar dan penuh antusias. Walaupun awalnya saya sangat grogi, bahkan tidak bisa tenang, "bagaimana nanti ya, apakah nanti berhenti karena buntu di tengah jalan ?" itu yang muncul dipikiran, akhirnya saya panggil istri dan kamipun berdoa bersama untuk kelancaran acara pada malam ini.

Puji Tuhan,, semuanya berjalan lancar... Mulai dari pemaparan materi sampai pada bagian tanya jawab ada 8 pertanyaan yang muncul pada sesi tersebut, saya berusaha untuk menjawab dengan pengalaman yang saya dapatkan selama ini. Ada satu kalimat dari Pak  Eko sebagai moderator yang menarik di tengah-tengah derasnya arus pertanyaan yang mengalir. "Besok kalau lancar buat pertanyaan. Insya allah nulis nya juga akan lancar". Semoga saja ya pak Eko, dengan antusias membuat pertanyaan yang ada membuat semua semakin lancar dalam menulis bukunya hehehe...

Satu hal yang saya harapkan dari pertemuan ini, semoga materi yang saya sampaikan dapat menggugah dan memotivasi bapak/ibu dan semua peserta untuk segera menulis, menulis dan menulis dengan latar belakang apapun kita saat ini, karena menulis tidak menanyakan apa latar balakang pendidikan kita. Dengan memulai menulis maka akan terbukalah jalan untuk menjadi penulis, bukan hanya impian atau angan-angan.

Setelah Pak Eko menutup kelas, bunda Lilis menyampaikan kepada kami bahwa besok akan bergabung di Group belajar Guru Inspirasi, seorang Profesor dari Arab Saudi yang ingin belajar di Kota Kupang dan ingin menulis Buku, saya hampir tidak percaya, seorang Profesor ingin belajar dari latar pendidikan yang lebih rendah darinya. Itulah buktinya menulis bukan karena latar belakang pendidikan, tetapi karena adanya kemauan dan kekonsistenan,,, lo kok masuk sesi menyampaikan materi lagi ya .. hahahaha.. efek terlalu semangat....

Terimakasih bunda,,,, tulisan saya di blog https://sahatnbh.blogspot.com/2020/07/guru-dari-daerah-terpencil-di-ntt.html akhirnya menjadi kenyataan,,,, semoga semakin banyak lagi inspirasi dari Bunda yang terjadi di dalam perjalanan hidup saya.... saya selalu ingat pesan bunda "Semangat, Anak Muda Harus Semangat"  .

Ayo Bapak/ibu yang luar biasa, semoga kita semua bisa mengikuti sosok inspirator yang Luar Biasa dan tangguh  Bunda LILIS SUTIKNO......

Semangat .... Semangat  .... Semangat

Tanya jawab pada sesi diskusi : 
Pertanyaan 1 (Dari Pak eko) : Terima kasih. Bagaimana langkah awal membangkitkan motivasi menulis?
Jawaban : Baik pak... pertama memang kita harus punya tujuan.. menulis untuk apa...  dengan punya tujuan kita akan termotivasi untuk menulis... sperti yang sudah saya tampilkan tadi... atau diluar dari itu juga ada motivasi untuk menulis. Misalnya supya dikenal, menghasilkan karya yang dibaca orang.. dan lain-lain.

Pertanyaan 2 (Dari Bu Agus dari Rore) : Mlm bpk sahat, Saya dari Rote, saya ingin tau genre tulisan itu sepertt apa saja ya?  Mksh
Jawaban : Terimakasih bu Agus untuk pertanyaan nya.. genre merupakan jenis tulisan ... Bisa fiksi (narasi: novel, cerpen, dll) non-fiksi bisa berupa true story, pengalaman pribadi.. hal yang nyata terjadi... Demikian bu.

Pertanyaan 3 (dari Suster Modesta) : Mau tanya Pa Sahat, Bagaimana caranya ngeblog? Cara buatnya Pa.. Saya tertarik untuk menulis di blog Pa... Trimakasih 
Jawaban : erimakasih Suster... Ngeblog itu adalah menggunakan blog untuk memuat tulisan kita... Yang gratis ada blogspot atau wordpress... Kita bisa memuat dan membagikan tulisan kita kepada orang lain.... Untuk teknis membuat blog nanti saya bantu ya suster.... Terimakasih.

Pertanyaan 4 (Dari Pak Maksuddin) : Mau tanya ne pak Sahat, tentang garis besar yg diangkat dalam tulisan pak di atas
Jawaban : Terimakasih pak Maksuddin, buku yang saya tulis adalah resume menulis saya selama mengikuti pelatihan menulis dari Om-jay PGRI. Sebanyak 20 pertemuan, baik dari para penulis handal dan pihak penerbit. (termasuk di dalamnya resume pertemuan bersama bunda lilis yang mendapatkan penghargaan dari beliau).... Banyak pengalaman dan ilmu yang di dapat yang membuat saya sendiri akhirnya tergerak dan mau terjun dalam menulis... demikian pak

Pertanyaan 5 (Dari pak Ridolin) : Mau bertanya Buat Pak Sahat :Boleh berbagi, buku referensi untuk Penulis Pemula? Thanks
Jawaban : Buku ini Pak :

Ilmu di dalam buku inlah yang membuat saya yang awalnya tidak begitu tertarik tetapi berkat para narasumber hebat bisa menggugah saya untuk menulis...

Pertanyaan 6 (Dari bu Eka) : Selamat malam pak sahat ...
Saya pernah membuat blog di tahun 2013, dan hanya ada 1 postingan dengan beberapa kalimat saja. Waktu itu niatnya mau jadi fashion blogger tapi tidak kesampean. Menurut bapak bagusnya saya melanjutnya bercerita di blog yg lama atau membuat blog baru utk bercerita? Mengingat blog yg ada sudah sangat lama.
Jawaban : Terimakasih ibu eka yang pintar dan baik hati.. hehehe .. kalau memang tidak ada tulisan di dalamnya, saran saya ibu buat yang baru saja.. karena fitur yang baru berbeda dengan yang lama.. ibu bisa fokus menulis di blog yang baru seperti yang saya lakukan...  dengan konsisten menulis di blog , akhirnya nanti bisa jadi buku... seperti buku saya, saya ramu dari tulisan resume yang ada di blog bu... termakasih bu eka.

Pertanyaan 7 (Dari Bu Eka) : 1 pertanyaan lagi pak ... Sebaiknya dalam menulis di blog agar lebih memarik minat pembaca, isi nya dalam 1 tema yg sama atau bisa dg tema yg random? 
Jawaban : Kalau bisa temanya jangan semua dicampur aduk Bu... Biar mudah nanti kita seleksi untuk membukukannya... Misalnya kita guru satu blog tentang pendidikan atau kegiatan kita sebagai guru.. bisa juga kita buat blog yang lain khusus u tema yang lain.. begitu bu...saya punya 2 blog satu u profesi satu lagi u pribadi.

Pertanyaan 8 (Dari Bu Agus dari Rote) : Bpk... apakah ada aturan2 pokok bagi penulis  yg hrs kita ketahui , agar tulisan kita dianggap bernilai, punya ciri khas, dan sesuai dg ketentuan2 menulis. Mksh
Jawaban : Terimakasih Bu Agus... Aturannya pastinya kalimatnya sesuai ejaan yang benar Bu... Jangan buat kalimat yang disingkat singkat...atau istilah yang tidak tepat.. kalau soal ciri kas menulis tergantung penulisnya bu.. semua orang punya ciri kas yang  berbeda dalam menulis... Tidak bisa kita paksakan harus sama.. tetapi kembali kata atau kalimatnya harus benar ibu.. Terimakasih ibu..

6 komentar:

  1. Alhamdulillah...
    Tuhan akan berikan kita indah pada waktunya. Asal kita percaya, Tuhan pasti jawab doa-doa kita Pak. Salam untuk istri tercinta...

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah...
    Tuhan akan berikan kita indah pada waktunya. Asal kita percaya, Tuhan pasti jawab doa-doa kita Pak. Salam untuk istri tercinta...

    BalasHapus

Postingan Terbaru

Di mana kebahagiaan itu berada?

Di mana kebahagiaan itu berada? Kadang lelah jiwa mencari Karena dahaga yang tak terobati Rasa haus akan kebahagiaan Yang diharapkan memberi...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini