Minggu, 09 Agustus 2020

Gurdasus IPA Mengukir Sejarah...


Setelah terlibat dalam dunia menulis, diantaranya menulis Buku antologi "Pena Digital Guru Milenial" dan menyelesaikan penulisan buku solo "Rahasia Menulis sampai Menerbitkan Buku bersama Para Pakar" saya rindu untuk mengajak teman-teman yang lain juga untuk terlibat di dalam menulis buku.  

Yang pertama muncul dalam benak saya adalah teman satu perjuangan ketika mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Guru daerah Khusus (Gurdasus) IPA di kampus UNY tahun 2018. (Daerah khusus adalah daerah 3T : Tertinggal, Terdepan dan Terluar.).

Selama 3 bulan kami bersama mulai dari pendalaman materi gurdasus di P4TK Metematika Yogyakarta, pendidikan di kampus UNY sampai PPL di sekolah mitra UNY meninggalkan kenangan yang begitu membekas. Banyak suka duka yang dialami bersama, sejak tinggal di mes P4TK Matematika sampai akhirnya mencari kost-kostan ketika kuliah di UNY. 

Sudah seperti keluarga sendiri, yakni Keluarga dasus dengan nama di Group "KITA Dasus IPA". Kenangan 2 tahun lalu tetap teringat jelas ketika belajar dan berdiskusi bersama sampai makan nasi bungkus yang dibagikan oleh ketua-ketua kelas ke kamar masing-masing di mes begitu juga ketika berwisata bersama di kota nan indah kota Yogyakarta. 

Candi Borobudur, Candi Prambanan, Malioboro, Pasar Beringharjo, Sunmor (Sunday Morning) UGM dan Sakola adalah beberapa dari sekian banyak tempat yang sudah kami singgahi selama menimba ilmu di kota Pelajar tersebut.

Sekarang kami sudah mengabdi kembali di tempat tugas masing-masing yang berada di berbagai pelosok Nusantara, dengan ilmu dan kenangan yang tidak akan pernah terlupakan. Hanya bersua melalui WAG tetapi tetap terjalin keakraban, serasa kebersamaan tak akan pernah pudar. 

Kini kami mencoba menuliskan sejarah perjalanan kami di daerah khusus, mulai dari kisah penempatan pertama di daerah khusus, suka duka di daerah 3T sampai berjuang bersama selama PPG di dalam sebuah buku bersama (Antologi) bertemakan  "Perjuangan guru daerah Khusus". 

Akan banyak cerita menarik dan inspiratif berdasarkan pengalaman baik suka dan duka  masing-masing guru di tempat tugas dengan medan dan tantangan yang berbeda, walaupun tidak mungkin semua kisah akan dapat terceritakan hanya di dalam sebuah buku. 

Semoga Buku ini nantinya menjadi sumber inspirasi bagi yang membacanya dan kelak akan menjadi kenangan sejarah yang akan bisa dibaca hingga hari tua kelak...

Ayo Semangat.... Gurdasus IPA UNY 2018.... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Di mana kebahagiaan itu berada?

Di mana kebahagiaan itu berada? Kadang lelah jiwa mencari Karena dahaga yang tak terobati Rasa haus akan kebahagiaan Yang diharapkan memberi...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini