Minggu, 13 September 2020

Semua berawal dari niat dan diikuti dengan tindakan nyata

Selalu konsisten setiap hari dalam menulis, itulah komitmen yang sudah saya janjikan pada diri sendiri. Kebiasaan menulis setiap hari akan membuat kita terbiasa dalam menulis. Malam ini pun, sebelum tidur sepertinya ada yang kurang lengkap apabila saya tidak menulis. Maka saya memaksa diri ditengah kondisi ngantuk untuk tetap menulis, "paling tidak menuliskan beberapa paragrap saja sebagai pengantar tidur" pikirku.

Apa yang harus ku tulis? itu yang pertama muncul di dalam hati. Tetapi langsung teringat kembali bahwa di dalam menulis, mulailah dengan hal-hal yang bisa kita kuasai dan bisa kita tulis, dan yang paling mudah adalah dengan menulis apa yang kita rasakan atau alami. Itulah yang kembali menyemangati saya untuk untuk tetap menulis malam ini.

Saya mengingat kembali perjalanan saya menggeluti dunia tulis-menulis. Dulu tidak ada niat menjadi penulis, sesuatu yang tidak direncanakan. Kembali merenungkan apa yang membuat sampai sejauh ini tetap bertahan dan menggeluti dunia menulis, jawabannya adalah niat yang kuat untuk tetap menulis dengan kondisi apapun yang dialami.

Niat itu kemudian diikuti dengan tindakan nyata yaitu ya langsung menulis, tulis aja terus apa yang bisa ditulis, terus menulis, setelah tulisan selesai baru tulisan  diedit dan diperbaki dan akhirnya menghasilkan sebuah tulisan. Tidak menunda-nunda dan menunggu waktu yang tepat untuk menulis karena menulis adalah soal keterampilan yang harus dilatih secara terus-menerus. 

Ibarat seorang pemain bola, untuk mengusai teknik di dalam sepak bola misalnya supaya bisa melepaskan tendangan bebas yang akhirnya menghasilkan gol ke gawang lawan, ya hanya dengan berlatih secara terus-menerus, sungguh-sungguh dan konsisten. Mustahil itu akan terjadi kalau hanya membaca teori, bermimpi dan berangan-angan tanpa diikuti tindakan nyata tetapi jalan satu-satunya adalah harus langsung mempraktekkannya dilapangan.

Untuk menjadi penulis hebat diperlukan jam terbang menulis yang banyak juga. Tidak mungkin baru menulis langsung jadi penulis terkenal dan profesional. Setiap penulis hebat pastilah dulunya dimulai dari penulis pemula, yang secara terus-menerus berlatih, berlatih dan terus berlatih, karena harus diingat langkah keseribu pasti selalu dimulai dari sebuah langkah pertama.

Satu hal yang perlu direnungkan bahwa keberhasilan esok pasti ditentukan oleh perjuangan hari ini. Jangan bermimpi esok akan berhasil kalau hari ini hanya berleha-leha dan bermimpi saja. Proses menulis yang terus-menerus dilakukan pasti akan menghasilkan buah yang manis. Karena semua tidak terjadi secara instan, perlu kerja keras dan kesungguhan.

Niat harus diikuti dengan tindakan nyata yakni dengan langsung menulis, menulis dan menulis. Dan hasilnya dengan memaksa diri untuk tetap menulis, inilah tulisan yang bisa saya tuliskan malam ini, walaupun tidak ada ide tetapi saya harus tetap menulis ... he he he

Selamat malam dan selamat istirahat

Semangat.. Semangat... dan tetap Semangat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iman dan Ilmu Pengetahuan

Iman dan Ilmu Pengetahuan   (Oleh: Sahat Serasi Naibaho, S.Si, Gr.)   Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal:  dalam ...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini