Jumat, 26 Juni 2020

Membangun Personal Branding melalui Blog dan Medai Sosial

Pert. ke - 8  Belajar Menulis di WA Group bersama Bpk. Namin AB Ibnu Salihin 


Personal Branding? sebelumnya saya tidak begitu paham, sehingga ketika materi malam hari ini membahas tentang membangun personal branding melalui blog dan media sosial, saya berusaha mencari informasi tentang personal branding dari mbah google, dan akhirnya saya paham bahwa personal branding adalah upaya untuk membangun atau mempromosikan apa yang ada pada diri kita, sehingga orang banyak semakin mengenal dan melalui itulah kita bisa membagikan pengetahun atau kemampuan yang kita miliki untuk membantu orang lain, atau kalimat sederhana adalah upaya mempromosikan diri kepada orang lain melalui keahlian atau kemampuan yang kita miliki pada suatu bidang tertentu.

Malam ini topik tentang personal branding dibawakan oleh seorang motivator dan trainer handal yang sudah sangat terkenal khususnya di dalam dunia pendidikan, yakni Bpk Namin AB Ibnu Solihin. Beliau merupakan founder dari motivator pendidikan.com yang sudah berkeliling indonesia dan telah membagikan lebih dari 250 materi training di slideshare.net yang dilihat dari setengah juta kali dan didownload sekitar tujuh ribu kali setiap tahunnya. Adapun buku yang sudah beliau terbitkan adalah : Saya Mau Jadi Guru Go Blog, Mendidik Dengan Cinta dan Keteladanan, Cinta Sang Guru, dan Buku Antalogi yang digagasnya bersama guru dan mahasiswa diantaranya Guru Kreatif di Zaman Digital, Bukan Guru Biasa, Pelangi Cinta dan Cita, Inspirasi untuk membangu masa depan.

Dalam memulai pemaparan, beliau bercerita bagaimana memulai ngeblog pada tahun 2007 melalui blogspot, yang saat itu hanya untuk mengisi waktu luang saat istirahat mengajar dengan isi blog yang sangat beragam bahkan lebih banyak tentang curahan hati. Hingga akhirnya sekitar tahun 2013 mengenal guraru.org, sebuah blog yang diisi oleh guru-guru kreatif diantarnya Pak Agus Sampurno dengan  brandingnya Guru Kreatif, Om Jay dengan Brandnya guru blogger dan Bapak Dedi Dwitagama. Pada tahun 2013 beliau mengikuti Teacher Writing Camp angkatan ke-3 yang digagas om Jay dkk. Bapak yang juga berprofesi sebagai dosen ini mulai membangun branding lewat blog mulai tahun 2014, beliau kemudian melaunching www.motivatorpendidikan.com yang kontennya berisikan berbagai jenis program training pada tahun 2015. 

Di dalam membangun branding perlu keseriusan dan yang pasti harus sejalan dengan kompetensi yang kita miliki, jadilah diri sendiri dengan kapasitas yang kita miliki, jangan coba  membangun branding tertentu tapi tidak punya ilmunya. Yang pasti akan mengalami proses panjang sampai akhirnya kita memiliki branding yang dikenal publik. Saran beliau, sebaiknya konten-konten di dalam blog harus fokus kepada bidang yang kita kuasai sehingga sesuai dengan potensi dan fashion kita. Kalau mau dikenal sebagai pakar pendidikan misalnya, sebaiknya konsistenlah menulis hal-hal yang berkaitan dengan bidang pendidikan. Sehingga ketika orang berbica tentang pendidikan, mereka langsung teringat akan anda. 

Beliau juga mengingatkan membangun branding di medsos dengan menghadirkan konten-konten positip yang memberikan harapan kepada orang yang membacanya. Misalnya sebagai guru, janganlah memposting tentang keluhan-keluhan karena kendala yang dihadapi di sekolah, tetapi seharusnya justru memberikan  solusi-solusi yang menunjukkan kreatifitas kita sebagai guru diatas rata-rata.

Materi yang cukup menggugah saya secara pribadi pada malam hari ini, sambil refkesi "apa yang menjadi personal branding saya". Perlukah personal branding? Jawaban dari Pak Namin ketika meresponi pertanyaan dari peserta belajar menulis sangat menggugah hati saya, yaitu "Jika seseorang punya tujuan untuk dikenal publik agar ilmu yang dimilikinya bermanfaat untuk orang lain, maka wajib membranding diri"

Salam semangat untuk  guru - guru blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iman dan Ilmu Pengetahuan

Iman dan Ilmu Pengetahuan   (Oleh: Sahat Serasi Naibaho, S.Si, Gr.)   Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal:  dalam ...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini