Rabu, 24 Juni 2020

Resume Belajar Menulis WA Group bersama Theresia Sri Rahayu

Pertemuan ke-4 (17 Juni 2020)

Narasumber belajar menulis online pada malam hari ini adalah Ibu yang cantik jelita, Ibu Theresia Sri Rahayu, S.Pd.SD yang akrab dipanggail bu Tere.  Aktif sebagai guru di SDN Waihibur – Kab. Sumba Tengah NTT dengan mengukirkan segudang prestasi diantaranya pernah memperoleh Juara 1 guru berprestasi tingkat kecamatan Padalarang tahun 2014, Juara 1 OGN di tingkat propinsi NTT tahun 2018, membuat Resume terbaik dari KSGN dan Pelatihan Belajar Menulis Bersama Om Jay tahun 2020, sebagai Blogger inspiratif dari Ikatan Guru TIK PGRI dengan Penerbit Andi Yogyakarta tahun 2020 sampai yang terbaru adalah 35 selected participants of Advance Online Course SEAMEO Qitep in Mathematics tahun ini.

Bagaimana akhirnya beliau bisa membuat resume dengan sangat baik? Itu dimulai ketika bulan Februari lalu bergabung dengan dengan group menulis bareng om Jay, padahal sebelumnya mereka belum pernah berkenalan. Pada saat pembelajaran dengan materi personal branding, om Jay mendata blog setiap peserta dengan tujuan untuk menuliskan resume materi yang disampaikan pemateri saat itu dan dikrimkan kepada om Jay. Pada awalnya belajar menulis di group WA beliau masih bingung, tetapi akhirnya beliau bisa menghasilkan tulisan yang baik berkat bantuan om Jay yang memberikan tips dan trik membuat resume.

Diawal menulis resume, ibu dengan motto belajar, belajar dan belajar ini mencoba mengimitasi gaya menulis dari beberapa orang, tetapi itu justru membuat kaku dan ide-ide tidak bisa mengalir dengan lancar, tetapi setelah beberapa kali pertemuan dan melakukan blog walking, beliapun menemukan style sendiri, yang membuatnya lebih percaya diri dalm menulis resume. Mulai saat itulah beliau mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya sebagai resume tercepat, resume terbaik dan tulisan terbaik inspiratif.

Beliau sudah membuktikan dan merasakan perkataan dari om Jay "Menulislah setiap hari dan Buktikan Keajaibannya". Keajaiban datang ketika mengikuti materi dari Prof. Richardus Eko Indrajit, yang menantang mereka ditengah penyampaian materi untuk menulis buku dalam waktu seminggu. Dan beliau menjadi salah satu dari 21 orang yang menjawab tantangan tersebut. Sehingga dihasilkanlah buku beliau yang berkolaborasi dengan Prof. Richardus Eko Indrajit dengan judul "Belajar semudah klik, membangun Ekosistem Ubiquitous Learning" yang diterima dan diterbitkan oleh Penerbit Andi Yogyakarta yang merupakan salah satu penerbit mayor.

Tips beliau dalam menulis resume :
1.  Menulis resume sesegera mungkin, selagi topik itu hangat. 
    Tujuannya agar tidak semakin banyak uraian yg terlewat. 
2.  Menulis resume sesuai dgn gaya menulis kita sendiri. Just be your self. 
3. Tangkap point penting materi dari narasumber, modifikasi dgn kalimat sendiri (jangan asal     copas materi) 
4. Gunakan pengantar yg menarik sebelum masuk di isi resume. 
5. Gunakan heading dan sub heading agar resume terkesan lebih rapi tatanannya. Selain itu, penggunaan heading dan sub heading akan membantu pembaca
memahami struktur tulisan. 
6. Tulislah resume dgn sepenuh hati. Bkn krn sekedar ingin mengerjakan tugas dr Om Jay. 
7. Cari informasi terkait narasumber yg akan kita tulis materinya melalui resume. Semakin kita lengkap dlm memberikan gambaran narasumber, maka point kita akan mnjdi lbh baik drpd peresume yg lain. Caranya : stalking akun medsos narasumber (FB, instagram, dll) 
8. Gunakan aplikasi atau alat - alat lain yg mendukung kita dlm menulis resume, misalnya jika ada narasumber yg memberikan materi melalui youtube, maka putar videonya di hp, sambil ketik resumenya. Atau jika ada narasumber yg menyampaikan materi melalui voice note, gunakan aplikasi voice to text utk mengubahnya menjadi text. 
9. Lakukan blog walking utk mencari informasi yg mungkin terlewat serta mencari inspirasi menulis.

Diakhir beliau menyimpulkan bahwa menulis resume banyak manfaatnya. Menambah pengetahuan, mengikat sari - sari ilmu, dan menajamkan pola berpikir kita. Jika kita mengaktifkan diri menulis resume dgn baik dan sepenuh hati, niscaya banyak keajaiban akan terjadi. Maka, buktikanlah sendiri. 

Sangat luar biasa materi malam ini. Kiranya kita semakin semangat dalam menulis resume... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iman dan Ilmu Pengetahuan

Iman dan Ilmu Pengetahuan   (Oleh: Sahat Serasi Naibaho, S.Si, Gr.)   Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal:  dalam ...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini