Jumat, 19 Juni 2020

Cara Mendaftar PPDB Sumut 2020 Jenjang Pendidikan SMA Melalui Jalur Zonasi

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sumut 2020  untuk tingkatan SMA melalui jalur zonasi dimulai tanggal 19 s/d 27 Juni 2020.


Bagi bapak/ibu atau adek-adek  yang ingin mendaftarkan diri ke SMA melalui jalur zonasi, berikut saya uraikan cara mendaftarnya, tidak terlalu rumit karena tidak perlu melampirkan nilai semester, hanya perlu foto Kartu Keluarga disebabkan yang menjadi pertimbangan diterima atau tidak adalah jarak dari sekolah ke tempat tinggal calon peserta didik.

Adapun yang perlu anda diketahui  adalah pendaftaran hanya bisa dilakukan melalui HP/smartphone, dan ketika mendaftar posisi pendaftar harus berada di alamat sesuai dengan Kartu Keluarga (KK), dan jangan lupa menghidupkan GPS (Global Positioning System) pada smartphone yang akan digunakan. 

Ikuti langkah berikut ini :
1. Buka web ppbd sumut 2020 atau klik link berikut ini https://ppdb.disdik.sumutprov.go.id/web/index.php?r=site%2Findex

2. Pilih download app :

2. Instal Aplikasi PPDB Sumut dengan memilih Oke, ikuti tahap berikut sampai aplikasi terpasang di smartphone.
3. Setelah itu masuk ke aplikasi PPDB sumut 2020 yang sudah terinstal di 
smartphone
4. Pilih Registrasi Akun, kemudian pilih kabupaten dimana sekolah yang akan didaftarkan berada
5. Setelah itu masukkan no HP dan password kemudian ketik ulang lagi password. (No.HP dan Password harap dicatat karena akan digunakanpada saat login pendaftaran),  kemudian pilih proses
6. Kemudiaan muncul tampilan untuk login, masukkan no.HP dan Password yang digunakan pada saat registrasi akun. Kemudian pilih login

7. Bila muncul tampilan dibawah ini, pilih resgistrasi peserta, masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) calon peserta didik, kemudian pilih cari data dan kemudian preview.

8. Lihat data yang ditampilkan, apabila sudah sesuai dengan data pendaftar, pilih foto Kartu Keluarga kemudian fotolah KK Asli. (Apabila Foto KK sudah ada di galeri, pilih galeri untuk menemukan foto KK) 
9.Kemudian pilih Jenjang Pendidikan yang akan dipilih, pilih jalur pendaftaran zonasi, kemudian pilih nama sekolah tempat siswa akan mendaftar.

10. Setelah menemukan dan memilih sekolah yang dituju, saatnya menentukan posisi pendaftar, apabila lokasi pendaftar sudah sesuai dengan yang ada di peta/gambar, pilih tombol berikutnya
11. Ceklist (centang) pada Data ini saya isi dengan sebenarnya...... Kemudian peserta menanda tangani kolom yang tersedia dengan menggunakan  jari tangan.
12. Pendaftaran telah selesai, untuk mendownload bukti formulir pendaftaran pilih cetak. Download file sampai 100%
Simpan file berbentuk Pdf tersebut sebagai bukti anda telah melakukan pendaftaran.

Tunggu Pengumuman tanggal 29 Juni 2020.

Demikianlah langkah-langkah pendaftaran PPBD Sumut 2020 pendidikan SMA melalui jalur tempat tinggal / zonasi.

Semoga berhasil diterima disekolah yang dituju...  Terimakasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iman dan Ilmu Pengetahuan

Iman dan Ilmu Pengetahuan   (Oleh: Sahat Serasi Naibaho, S.Si, Gr.)   Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal:  dalam ...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini