Kamis, 25 Juni 2020

Guru Ngeblog? Siapa takut


Ngeblog? apa yang terlintas dalam pikiran kita ketika mendengarnya? Ngeblog merupakan aktivitas mengelola blog dengan berbagai tulisan yang dapat dilengkapi dengan gambar atau video yang mana hasilnya bisa dilihat oleh orang lain. Pada saat ini blog yang banyak digunakan karena tidak berbayar adalah blogspot dan wordpress. Ngeblog bisa menjadi wadah bagi blogger untuk menyampaikan suatu informasi, opini, ide, gagasan, atau aktivitas yang dilakukannya sehari-hari

Guru ngeblog? kenapa tidak. Karena salah satu kompetensi yang diharapakan dari seorang guru adalah mampu menulis, baik itu berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Karya Tulis Ilmiah (KTI), modul, bank soal bahkan akan lebih membanggakan lagi kalau guru bisa menerbitkan buku. Dengan ngeblog, guru akan terbiasa untuk menulis, hal tersebut akan semakin meningkatkan kemampuan nya dalam merangkai kata-kata. Tulisan-tulisan tersebut akan tetap tersimpan dan kelak kalau kita mau bisa diterbitkan menjadi sebuah buku.

Selain untuk melatih menulis, blog juga bisa digunakan untuk membagikan informasi-informasi yang berguna bagi orang lain. Sehingga blog kita bermanfaat untuk orang lain. Sebagai seorang guru, kita bisa menampilkan tentang informasi yang berkaitan dengan pendidikan, baik berupa materi pelajaran, artikel, opini, gagasan atau aktivitas yang dilakukan di sekolah. 


Dimana dan kapan kita bisa ngeblog? Dimana dan kapan saja, karena saat ini aplikasi blog sudah bisa dengan menggunakan smartphone, sehingga tidak perlu membawa laptop kemana-mana untuk ngeblog. Ada ide, aktivitas atau informasi yang mau kita rangkai dalam tulisan, ya langsung  bisa kita isi di blog, tanpa harus menunggu sampai moment tersebut terlewatkan. 

Guru ngeblog? Saipa takut, Ayo ngeblog...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iman dan Ilmu Pengetahuan

Iman dan Ilmu Pengetahuan   (Oleh: Sahat Serasi Naibaho, S.Si, Gr.)   Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal:  dalam ...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini