Rabu, 24 Juni 2020

Belajar Menulis di WA Group bersama Bpk. Dedi Dwitagama

Pert. 7

Malam ini merupakan pertemuan ke tujuh group menulis di WA group, dengan narasumber Bapak Drs. Dedi Dwitagama, MM, M.Si yang berkecimpung di dalam dunia pendidikan, sebagai motivator dan aktif di BNN RI dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dan HIV/AIDS. Segudang pengalaman dari beliau khususnya sebagai narasumber dan motivator yang sudah berkeliling di berbagai daerah membuat namanya tidak asing lagi. Sebagai penulis, beliau sudah menerbitkan buku Matematika di Penerbit Galaksi, buku PTK bersama om Jay dan tulisan-tulisan lepas di majalah PGRI.

Guru Matematika yang sekarang mengajar di SMKN 50 Jakarta ini mulai aktif menulis di blog sejak tahun 2005 yang beliau isi tentang dokumentasi perjalanan dari sabang hingga merauke bahkan ke beberapa negara di dunia. Karena menurut bapak yang juga suka fotografi ini blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web yang bisa diakses oleh orang-orang yang ada didunia ini.

Beliau pertama kali ngeblog di blogger yang kemudian berpindah ke wordpress pada tahun 2007 karena dianggap pada saat itu memiliki lebih banyak kelebihan dan keunggulan dari pendahulunya dan sekarang sudah ada aplikasinya di android dan iphone. Hal yang sungguh luar biasa tulisan beliau di blog yang berjudul "kapan mulai jadi perokok" dilihat hampir dua juta kali dengan enam ratus ribu pengunjung di blog tersebut. Selain aktif di blog pribadi, beliau juga aktif  di kompasiana.

Bukan hanya untuk mendokumentasikan kegiatan, perjalanan keseharian, bagi beliau blog juga merupakan tempat menuangkan ide-ide, keresahan, atau apa saja yang tidak dapat tersampaikan secara lisan pada rapat-rapat di sekolah atau hal yang tidak tersampaikan kepada orang lain, dengan kata lain seperti kerangjang yang dititip didunia maya. Menulis di blog bisa beliau dilakukan dimana saja, misalnya ketika menunggu anak dilokasi parkir sekolah sambil mendengarkan musik, bisa menulis dengan menggunakan HP.

Pesan penting yang beliau sampaikan untuk meningkatkan mutu tulisan, usahakan sering menulis, sering berkunjung ke blog teman sebagai pembanding, rajin balas komentar pembaca blog. Selain itu penting untuk mengamati tulisan kita menarik atau tidak dengan menempatkan kita sebagai pembaca, meminta penilaian dari teman dan keluarga, baru kemudian diterbitkan.

Kesimpulan dari beliau, manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain, seperti peribahasa gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama, hal tersebut bisa diaplikasikan lewat media blog yang berisikan hal-hal yang berguna bagi orang lain.

Salam semangat untuk selalu membagikan kebaikan melalui tulisan ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iman dan Ilmu Pengetahuan

Iman dan Ilmu Pengetahuan   (Oleh: Sahat Serasi Naibaho, S.Si, Gr.)   Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal:  dalam ...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini