Senin, 15 Juni 2020

Resume Kuliah Online, Pertemuan Kedua (Gelombang 1)

Kisah Guru Ngeblog di WORDPRESS

Pertemuan 2 : Jumat, 12 Juni 2020
Waktu           : Pukul 19.00 – 22.00 WIB
Pemateri      : Bambang Purwanto, S.Kom.,Gr.
                       (Mr. Bams)
Topik            : Kisah Guru Ngeblog 
                      di WORDPRESS


Dengan penuh semangat saya mempersiapkan diri untuk mengikuti sesi kuliah online pertemuan kedua "belajar menulis online" yang dilaksanakan oleh om jay. Kali ini yang menjadi narasumbernya adalah Bapak Bambang Purwanto, S.Kom., Gr.  atau akrab disapa dengan Mr.Bams dengan moderator Ibu Fatimah yang juga moderator pada pertemuan sebelumnya.

Narasumber pada pertemuan ini adalah aktifis blog yang juga sebagai seorang guru TIK di SMP Taruna Bakti dan juga seorang pendongeng. Sudah banyak penghargaan dan prestasi yang diperoleh Mr. Bams dibidang pendidikan dan sosial budaya, salah satunya adalah karena keaktifan beliau sebagai pengelola taman bacaan di TBM AS Lebakwangi, Bandung.

Sejak 2008 beliau sudah mulai membuat blog dan akhirnya sekarang menjadi seorang blogger yang terkenal. Pada awalnya motivasi beliau membuat blog karena malu sebagai guru TIK dan sebagai pegiat literasi tidak punya blog, mau berbagi pengalaman, ingin menyimpan tulisan sepanjang zaman dan menambah penghasilan. 

Adapun saran beliau tentang isi blog adalah : pertama, mengisi blog dengan hal-hal yang kita sukai, apabila kita senang cerpen, maka tulislah cerpen, kalau suka buat puisi maka tulislah puisi atau tulislah tulisan-tulisan yang lain yang kita senangi. Kemudian yang kedua, mengisi blog dengan irformasi atau pengetahuan yang dapat membantu orang lain, seperti yang dilakukannya dalam pelatihan menulis online ini, Mr. Bams membantu om Jay dalam membuat daftar hadir peserta pelatihan di dalam blog.

Mr. Bams juga sudah melakukan pelatihan membuat blog di Wordpress secara online, sehingga pengetahuan yang beliau miliki dapat membantu orang lain untuk mampu membuat dan mengelola blog. Dalam hal menghasilkan karya, beliau sudah menulis buku "Kisah guru Ngeblog di Wordpress" dibawah ini :


Sungguh luar biasa motivasi yang beliau katakan "lakukankah apa yang mau dan bisa kita lakukan, karena banyak orang yang bisa tapi kadang tidak mau melakukannya, dengan bermodal kemauan maka kita menjadi bisa". Diakhir pemaparan materi beliau juga mengatakan "Kita bukan menjadi orang hebat, akan tetapi semoga kita menjadi orang yang bermanfaat kapanpun, dimanapun dan dengan siapapun".

Semoga motivasi dan inspirasi dari Bapak Bambang Purwanto mendorong saya dan kita semua untuk memanfaatkan waktu yang ada untuk menggali potensi yang ada di dalam diri kita seperti yang sudah beliau lakukan : sebagai guru, blogger, pegiat literasi, pendongeng dan  juga sebagai penulis buku. Sehingga semua kemampuan yang kita miliki bisa menjadi suatu karya yang berguna bagi orang lain.





 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iman dan Ilmu Pengetahuan

Iman dan Ilmu Pengetahuan   (Oleh: Sahat Serasi Naibaho, S.Si, Gr.)   Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal:  dalam ...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini