Selasa, 16 Juni 2020

Resume Belajar Menulis Online Bersama Pak Brian

Pertemuan 3 

Hari             : Senin, 15 Juni 2020
Waktu          : Pukul 19.00 – 21.00 WIB
Pemateri      : Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd
Topik            : Guru menulis dan menerbitkan buku



Hari ini merupakan pertemuan ketiga belajar menulis online yang diselenggarakan oleh om Jay. Narasumber pada malam hari ini adalah Bapak Raimundus Brian Prasetyawan S.Pd yang akrab disapa pak Brian, beliau merupakan seorang guru SD di Bekasi yang sudah aktif menulis blog sejak tahun 2009 . Beliau juga seorang penulis yang tulisannya sudah banyak dimuat di media cetak bahkan sudah menulis beberapa buku.  Seperti biasa moderator kuliah pada malam ini adalah ibu Fatimah dari Aceh.

Diawal penyampaian materi, pak Brian menyampaikan bahwa beliau merupakan peserta group menulis yang dilaksanakan oleh om Jay. Di group tersebut beliau tergerak untuk membantu peserta lainnya yang kesulitan dalam membuat/menggunakan blog yang didasari ingin memiliki banyak teman-teman guru yang menjadi blogger, karena selama ini beliau merasa sendirian menjadi guru blogger.

Pak Brian menceritakan bagaimana mulanya beliau bisa menjadi seorang blogger. Berawal dari pertengahan tahun 2009, beliau diajak temannya untuk membuat blog dan diperkenalkan dengan blogspot, yang awalnya beliau tidak tahu apa gunanya blog. Seiring berjalannya waktu akhirnya beliau paham walaupun masih bingung apa yang mau diposting di blog, dan yang akhirnya beliau lakukan adalah dengan menulis ulang artikel-artikel unik yang terdapat pada koran/tabloid.

Satu kata kunci yang beliau sampaikan mengapa tetap mau ngeblog adalah motivasi, karena tanpa adanya motivasi hal apapun tidak akan bisa terlaksana. Ditengah-tengah tren vlog dan youtuber saat ini, banyak orang meninggalkan blog. Tetapi dengan adanya motivasi dan memiliki target dalam menulis di blog maka konsistensi kita akan tetap terjaga ditambah dengan adanya group menulis yang memotivasi kita untuk tetap menulis.

Beliau juga menyampaikan bahwa blogger jangan terjebak dalam motivasi yang berorientasi pada hasil, misalnya penghasilan dari iklan yang di dapat. Karena apabila hasil itu tidak tercapai maka kita akan segera meninggalkan blog. Tetapi yang menjadi motivasi dalam ngeblog adalah mengasah kemampuan menulis sehingga suatu saat kelak dapat menerbitkan buku.

Dalam hal menentukan ide tulisan, Pak Brian menyampaikan bahwa sering sekali ide tulisan menjadi penghambat dalam aktivitas menulis kita, kadang kita sudah di depan laptop dan sudah siap untuk menulis  tetapi bingung mau menulis apa. Beliau menekankan tidak perlu menunggu ide/kejadian hebat baru kita tuangkan di dalam tulisan, tetapi yang paling mudah adalah menuliskan pengalaman/aktivitas kita sehari-hari di rumah atau di tempat kerja, apalagi sebagai seorang guru pasti memiliki banyak cerita yang bisa dituliskan.

Dari pengalaman ngeblog, beliau sudah menerbitkan sebuah buku yang berjudul "Blog untuk guru era 4.0" yang berisikan bagaimana cara membuat dan mengelola blog di blogger dan secara khusus memotivasi guru untuk memanfaatkan blog dalam mendukung pembelajaran di era 4.0 saai ini.



Buku kedua yang beliau terbitkan adalah "Aksi Literasi Guru Masa Kini" yang berisikan kumpulan artikel dari blog praszettyawan.com dan tulisan beliau yang ada di blog gurusiana yang sesuai dengan tema literasi, ditambah dengan tulisan-tulisan baru yang belum pernah diposting diblog.

Buku ketiga beliau akan segera terbit yang berjudul " Menerjang Tantangan Menulis Setiap Hari" yang berisi tentang best practice, aktivitas di sekolah  dan opini pendidikan. Tulisan-tulisan tersebut dibuat kaetika mengikuti program tantangan menulis setiap hari yang diadakan oleh gurusiana. Selain 3 buku diatas beliau juga sudah menerbitkan sebuah buku antologi cerita mini bersama siswa yang bertemakan hobi. 


Diakhir pemaparannya pak Brian menyampaikan ketika kita ingin membukukan tulisan yang ada di blog, sebaiknya blog memiliki niche (istilah yang merujuk pada tema khusus yang digunakan pada seluruh postingan di blog). Contoh niche blog : pendidikan, kesehatan, buku, otomotif, fashion, kuliner, traveling dan lain sebagainya. Bila blog dengan niche pendidikan maka semua tulisannya tentang pendidikan. Sehingga ketika kita akan membukukan tulisan dengan tema pendidikan maka tinggal mengambil tulisan dari blog memiliki niche pendidikan.

Dari hasil pembelajaran bersama pak Brian malam ini, saya mendapat banyak hal, khususnya diingatkan kembali soal konsistensi menulis setiap hari di blog. Karena dengan menulis setiap hari akan semakin melatih kita untuk mampu menghasilkan tulisan yang baik. Dan akhirnya nanti tulisan-tulisan tersebut bisa menjadi sebuah karya dalam bentuk buku. 
Semoga ini menjadi motivasi bagi saya dan kita semua untuk tetap konsisten dan tetap semangat dalam menulis.






 

    




 





 
  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iman dan Ilmu Pengetahuan

Iman dan Ilmu Pengetahuan   (Oleh: Sahat Serasi Naibaho, S.Si, Gr.)   Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal:  dalam ...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini