Jumat, 03 Juli 2020

Hidup hanya sementara saja, Apakah sudah Produktif?

Hari ini saya ikut serta dalam acara pengebumian salah seorang bapak yang merupakan keluarga dari jemaat gereja dimana saya beribadah. Tidak terlalu banyak dihadiri oleh orang karena si bapak yang memang sudah lama tidak berada di kota sigambal ini, ditambah lagi mungkin karena kondisi covid-19 yang belum usai.

 
Acara adat yang biasanya panjang sehingga menyebabkan bisa selesai sampai sore, tetapi karena kondisi saat ini hanya berlangsung sekitar 2 jam. Sehingga tepat tengah hari jenazah sudah dibawa ke tempat peristirahatannya yang terakhir. 

Ketika sampai di tanah wakaf, beberapa orang yang ikut serta dalam pengebumian ini menyempatkan untuk melihat kuburan keluarga mereka baik itu suami, opung doli (kakek), mertua dan keluarga yang lain, walaupun ada yang lupa persis dimana kuburan keluarganya itu, mungkin karena sudah lama tidak kesana, merekapun menemukan juga setelah mencarinya.

Satu kalimat dari seorang ibu diwaktu pulang dari pengebumian menyentakkan hati saya "semua sudah punya nomor antri, tinggal menunggu waktunya saja", ucapnya. Saya mengamini kalimat tersebut dan menanyakan ke hati saya yang paling dalam, apakah saya sudah produktif di dalam hidup saya sebelum waktunya Tuhan memanggil saya ?


Waktu begitu singkat dan sangat cepat akan berlalu, kita tidak tahu kapan sang Khalik akan memanggil,  tetapi pasti akan terjadi. Menggunakan waktu yang ada untuk berkarya merupakan kewajiban kita sebagai insan ciptaan-Nya, sehingga hidup kita menjadi produktif dengan  menghasilkan karya yang berguna untuk orang lain dan itu akan membuat kita menjadi berkat bagi sesama. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Di mana kebahagiaan itu berada?

Di mana kebahagiaan itu berada? Kadang lelah jiwa mencari Karena dahaga yang tak terobati Rasa haus akan kebahagiaan Yang diharapkan memberi...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini