Jumat, 24 Juli 2020

Menulis dengan Suara Menggunakan Writer Plus, Bersama Ibu Sri Melni


Perkembangan teknologi semakin hari semakin canggih, banyak hal yang dahulu tidak terpikirkan oleh kita yang sekarang justru bisa terjadi. Sejarah menulis dimulai dengan goresan di batu, kemudian dengan tinta, berkembang lagi dengan menggunakan mesin tik, sampai akhirnya menulis dengan cara mengetik di komputer. Luar biasanya sekarang kita bisa menulis hanya dengan bersuara. Inilah yang dipelajari dalam kelas menulis online pada malam hari ini.

Kembali bu Sri Sugiastusi yang menjadi moderator handal yang sudah berpengalaman memandu acara pembelajaran malam ini, dengan menghadirkan narasumber Ibu Sri Melni yang berprofesi sebagai guru TIK di SMPN 1 Gunung Talang Sumatera Barat. Ibu guru yang lahir  di Nagari Koto Gadang Guguk Solok pada tanggal 11 Mei 1976 ini aktif sebagai penggiat literasi di Sumbar Khususnya di Kab.Solok dan beliau juga aktif di organisasi Bundo Kanduang dan merupakan tim 11 RPJM Nagari.

Materi beliau adalah menulis dengan menggunakan aplikasi writer plus. Sehingga terlebih dahulu para peserta di persilahkan untuk menginstal aplikasi writer plus melalui play store.
Seperti ini langkah-langkahnya :
1. Buka Play Store dan Ketik Writer Plus, sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini, kemudian pilih instal.


2. Setelah terinstal, buka aplikasi Writer Plus tersebut, sehingga muncul tampilan berikut :
 


3.  Tekan tanda tambah yg berwarna hijau toska sudut kanan bawah, sehingga akan muncul tampilan dibawah dan untuk memulai menulis dengan suara tekan gambar mikropon (yang dilingkari warna merah pada gambar). 

4. Setelah muncul kalimat seperti dibawah ini proses menulis dengan menggunakan suara bisa dimulai.

5. Kita hanya tinggal bicara melalui mikrophon tersebut dan tulisan akan langsung tertulis di layar. Berikut ini merupakan contoh tulisan yang berasal dari suara yang diucapkan


6. Untuk membagikan tulisan  ke media sosial, pilih share setelah memilih garis-garis pada sudut kanan atas. Dan jangan lupa pilih jenis tulisan yang dibagikan sebagai text kemudian bagikan ke media sosial yang kita mau.


7. Apabila tulisan ingin kita masukkan ke dalam microsoft word, cukup dengan cara memilih semua teks dan menyalin teks. Kemudian buka microsoft word dan pilih tempel.
Mudah bukan ...

Pada sesi tanya jawab ada peserta yang memastikan dimana mikropon pada aplikasinya, ternyata tidak sama pada semua tipe smartphone, sehingga sebagian mikroponnya ada pada gambar imoticon nya dan ada yang tersembunyi di tombol spasi.

Beliau menyatakan bahwa aplikasi ini berguna untuk mempermudah kita dalam menulis setiap hari, dengan tempat dimana saja. Jadi kita dapat menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan walaupun kita ngak bawa laptop untuk menulis, misalnya kita berada di atas mobil, kereta api dll, namun ketika ada ide  untuk membuat tulisan  cukup curahkan saja kedalam smartphone dan disimpan, sampai di rumah baru  kita gabungkan dan di edit. 

Sebagai penutup beliau menyimpulkan bahwa "menulis mudah seperti berbicara dengan menggunakan aplikasi writer plus untuk menuangkan ide dalam bentuk tulisan, Keuntungannya kita tidak harus punya waktu tersendiri dalam menulis"

Demikianlah pembelajaran yang kami ikuti malam ini, sangat menolong sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak menulis setiap hari, karena sekarang menulis bisa dilakukan semudah kita berbicara.

7 komentar:

Postingan Terbaru

Di mana kebahagiaan itu berada?

Di mana kebahagiaan itu berada? Kadang lelah jiwa mencari Karena dahaga yang tak terobati Rasa haus akan kebahagiaan Yang diharapkan memberi...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini