Rabu, 25 November 2020

Hari Guru yang Spesial


Tanggal 25 November merupakan hari yang spesial buat para guru setanah air. Perayaan dan ucapan selamat hari guru bertebaran di media sosial. Dan berbagai cara dilakukan untuk mengekspresikan perayaan pada hari ini baik oleh guru maupun orang yang memang insterest dengan profesi guru. Ada yang menyampaikan melalui kata-kata, gambar animasi bahkan video. Sungguh sangat semarak, hampir setiap postingan hari ini diisi dengan pernak-pernik hari guru.  

Dari media sosial yang saya perhatikan ada yang merayakannya dengan melaksanakan upacara di sekolah bersama siswa walaupun dengan suasana yang berbeda, karena masih dalam suasana pandemi sehingga harus menerapkan protokol kesehatan, dimana jarak dalam baris-berbaris dijaga dan tentu saja jumah siswa yang dibatasi. Walaupun ada juga yang merayakannya hanya sesama guru tanpa melibatkan siswa, tetapi tidak mengurangi kemeriahan perayaan hari ini.  

Bagi kami guru SMPN 2 Dolok Sigompuon, Hari guru kali ini terasa sangat spesial. Bagaimana tidak spesial, disaat guru-guru bersenang-senang dengan perayaan masing-masing, kami justru berjuang dengan sekuat tenaga untuk tetap bekerja. Ya, hari ini kami berkumpul di kantor guru bukan untuk menerima bunga atau kado spesial tetapi kami bersama-sama bahu membahu untuk mengisi data Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) yang berjumlah sekitar 600 isian.


Dimulai sekitar pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB, luar biasa bukan. Dengan tekun dan bekerjasama walaupun hanya bisa menyelesaiakan instrumen pada bagian Kompetensi lulusan, Isi Pendidikan dan 80 butir instrumen Proses Pembelajaran, tetapi itu menunjukkan bahwa seorang guru harus bisa bekerja dengan tulus dan ikhlas.

Semoga pada hari-hari yang akan datang, tugas pengisian data PMP tersebut bisa diselesaikan sampai tuntas. Karena masih ada tugas yang menanti, yakni pengisian nilai semester dengan E-Raport. 

Semangat...

2 komentar:

Postingan Terbaru

Di mana kebahagiaan itu berada?

Di mana kebahagiaan itu berada? Kadang lelah jiwa mencari Karena dahaga yang tak terobati Rasa haus akan kebahagiaan Yang diharapkan memberi...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini