Kamis, 05 November 2020

Jika kamu ingin dikenal dunia, menulislah


Pendapat dari tokoh besar Imam Ghazali diatas pasti banyak mengundang pertanyaan, mengapa beliau mengungkapkan kalimat tersebut? Tapi menurut saya kalimat itu mengandung pesan bahwa seseorang yang dilahirkan di tengah-tengah keluarga yang biasa-biasa saja pastinya sulit untuk dikenal orang lain tanpa ada satu bentuk kontribusi yang bisa mengenalkannya kepada masyarakat luas. 

Mari kita bandingkan dengan anak seorang Raja, Ulama besar, Presiden atau Pejabat lainnya, pastilah mereka akan mudah dikenali oleh orang lain tanpa mengeluarkan banyak keringat, ya karena faktor yang sudah mereka miliki ketika hidup di dalam lingkungan keluarga yang sudah dikenal publik. Tak lain dan tak bukan karena pengaruh nama besar orang tuanya yang sudah pasti menjadikan mereka menjadi fokus perhatian orang banyak.

Jadi apabila kita terlahir ditengah keluarga yang bukan keluarga pejabat atau tokoh terkenal, maka salah satu cara yang sangat tepat supaya di kenal orang adalah dengan cara menulis. Menulis disini berarti menghasilkan karya dalam bentuk tulisan yang bisa dibaca dan dinikmati orang banyak. Ketika tulisan tersebut dibaca secara tidak langsung akan "mempromosikan" penulisnya kepada khalayak. Dengan demikian kita akan dikenal karena karya yang kita hasilkan.  

Andrea Hirata, Agatha Christie, Dan Brown dan John Grisham merupakan sebagian kecil dari sosok penulis yang dikenal publik karena karya-karyanya. Berkat tulisan yang mereka hasilkan, itulah yang menjadi magnet yang luar biasa sehingga mereka menjadi topik perbincangan. Bukan sebatas dibaca tetapi beberapa karya mereka akhirnya diangkat ke layar lebar dan disaksikan jutaan orang di seluruh dunia.

Orang tidak akan tahu siapa kita jika kita tidak ikut berpartisipasi dalam masyarakat. Orang tidak akan tahu siapa kita kalau tidak muncul di media, dan orang juga tidak akan tahu siapa kita kalau bukan kita sendiri yang menciptakan karya. Untuk membuat orang lain tahu siapa kita, ya salah satunya menjadi seorang penulis. Dengan karya-karya yang menarik minat baca bagi banyak orang niscaya orang akan mencari tahu siapa penulisnya. Dan akhirnya dunia akan mengenal kita....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Di mana kebahagiaan itu berada?

Di mana kebahagiaan itu berada? Kadang lelah jiwa mencari Karena dahaga yang tak terobati Rasa haus akan kebahagiaan Yang diharapkan memberi...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini