Jumat, 20 November 2020

SENANTIASA BERSYUKUR DAN TERUS BELAJAR


Hidup adalah suatu Misteri dan semuanya yang terjadi ada dalam kuasa Ilahi. Kita hanyalah ciptaan-Nya yang harusnya terus belajar untuk menjalani masa yang ada, senantiasa berusaha melangkah dalam hidup yang bermakna. Bermakna dalam artian menikmati hidup yang sesaat ini dengan rasa syukur dan menggunakan waktu yang ada untuk melakukan hal-hal yang positip, tentunya juga menggunakan kesempatan yang ada untuk terus belajar dan menjadi orang yang berguna bagi sesama.

Hiduplah seolah-olah Anda mati besok, kalimat pertama dari kata bijak Mahatma Gandhi diatas perlu kita renungkan secara mendalam. Ya, memang kita tidak tahu kapan kita akan meninggalkan dunia ini, hanya Tuhanlah yang tahu pasti, tetapi hal tersebut akan kita alami sebagai makhluk yang fana. 

Pertanyaan bagi kita, apabila kita tahu esok pagi kita akan meninggal dunia. Apa yang akan kita lakukan hari ini? Pastilah kita menggunakan sisa waktu yang ada untuk melakukan hal-hal yang betul-betul sangat berguna dan bermanfaat. Kita akan memanfaatkan waktu yang ada untuk menikmati kebahagiaan bersama orang-orang yang kita sayangi. 

Tidak akan ada lagi celah yang tersisa di hati kita untuk berbuat hal-hal yang tidak baik. Tidak akan menggunakan sisa waktu yang kita miliki hanya untuk mengingat-ingat kesalahan atau menjelek-jelekkan orang lain, sebaliknya kita akan berusaha berbuat baik kepada setiap orang yang kita jumpai. Kita akan sangat menghargai setiap menit bahkan setiap detik sisa waktu yang ada untuk hal-hal positip. Lalu apakah ada jaminan bagi kita untuk tetap hidup sampai besok? 

Oleh karena itulah, pesan yang disampakan kepada kita supaya menggunakan setiap waktu yang ada seperti seolah-olah kita akan mati besok. Ketika kita sudah melakukannya, yakinlah hidup kita akan penuh dengan rasa syukur dan melakukan perbuatan-perbuatan baik kepada sekeliling kita dan itu akan memberikan kebahagiaan di dalam hati.

Belajarlah seolah-olah Anda hidup selamanya. Kalimat ini mengajak kita untuk terus giat belajar karena belajar tidak mengenal usia, pendidikan, status, profesi, dan lain-lain. Yang pertama bagaimana kita harus terus belajar menjadi pribadi yang lebih baik, belajar menahan diri dan belajar dari orang-orang dan alam di sekeliling kita. Belajar untuk semakin mengenal dan memahami betapa luar biasa kayanya ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa melalui ilmu sains, ilmu sosial, seni, budaya dan ilmu pengetahuan lainnya. 

Belajar untuk menggali potensi diri juga sangat perlu, sehingga kita akan menjadi manusia yang lebih berkualitas lagi dari hari sebelumnya, belajar dan terus belajar. Karena begitu luasnya jagat raya ini untuk kita pelajari, itulah yang mau diingatkan kepada kita bahwa kita harus terus belajar dengan menganggap kita akan hidup selama-lamanya. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, karena kehidupan ini tidak akan pernah terlepas dari proses belajar.

Hidup hanya sementara, mari syukuri dan lakukan hal-hal yang benar-benar berguna bagi kita dan sesama. Walaupun hidup adalah sementara, tidak menjadi alasan bagi kita untuk berhenti Belajar, tetapi justru memacu kita untuk terus belajar sampai akhirnya kita akan menyelesaikan kehidupan di dalam hidup yang bermakna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Di mana kebahagiaan itu berada?

Di mana kebahagiaan itu berada? Kadang lelah jiwa mencari Karena dahaga yang tak terobati Rasa haus akan kebahagiaan Yang diharapkan memberi...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini