Sabtu, 21 November 2020

Keluarga, Harta Yang Paling Berharga

Keluarga merupakan kelompok terkecil yang ada di dalam masyarakat. Terdiri dari orang tua dan anak-anak yang diizinkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa untuk bersatu di dalam sebuah kelompok kecil, yang setiap harinya hidup bersama-sama dalam menghadapi kenyataan yang ada, baik di saat suka maupun duka.

Sungguh sangat miris apabila ada berita yang  mengabarkan sebuah keluarga yang berantakan (broken home), sangat disayangkan itu terjadi, karena betapa sia-sianya waktu yang dilalui hidup bersama tetapi tidak dapat memberikan kebahagiaan justru menghasilkan penderitaan.

Bersyukur buat setiap insan yang diizinkan bersama kita. Ya, hanya itu yang bisa kita panjatkan. Sebagai seorang suami, bersyukurlah ada seorang wanita yang mau hidup dengan kita bahkan melayani dan mengasihi dengan segala kekurangan yang ada pada diri kita, sebagai seorang istri, bersyukur buat seorang lelaki yang mau mempertaruhkan hidup untuk mendukung dan menjaga kita. 

Demikian juga seorang orang tua baik sebagai bapak atau ibu, sudah seharusnyalah kita bersyukur buat anugerah dan kepercayaan yang diberikan atas anak, putera yang tampan atau puteri yang cantik yang hadir untuk melengkapi kebahagiaan di tengah-tengah keluarga kecil yang ada. Juga anak haruslah mensyukuri betapa baiknya orang tua dengan segala kerja keras dan pengorbanan yang telah di pertaruhkan untuk memperjuangkan hidup anak-anaknya. Kita ada dan bisa menjadi seperti saat ini, karena peran dari orang tua kita.

Bebarapa hari yang lalu, saya terbangun dari tidur, segera melihat sekelilingku, kulihat istri dan anak-anak ku yang dengan tenang menikmati tidur mereka masing-masing,  aku pun hanya bisa bersyukur dan berterimakasih kepada Tuhan ketika melihat wajah manis mereka satu persatu. Istriku yang cantik dan anak-anakku yang begitu polos dan lucu, orang-orang luar biasa yang tidak pernah terpikirkan olehku untuk hidup bersama-sama dengan mereka.

Hal yang juga sangat diperlukan di dalam keluarga adalah komunikasi dan keterbukaan. Dengan adanya komunikasi yang baik, sebuah keluarga akan solid dan saling mendukung, saling mengasihi dan bekerja sama. Kalau bukan dari keluarga, dari siapa lagi kita akan mendapatkan dukungan dalam menghadapi tantangan yang ada? kalau bukan dari suami, dari mana istri mendapatkan kebahagiaan, demikian juga suami sudah seharusnya mendapatkan ketenangan bersama istrinya. Orang tualah juga yang seharusnya menjadi teladan dan motivator utama bagi anak-anaknya, anak-anak haruslah menjadi sumber kebahagiaan yang tak terhingga bagi para orang tua, semuanya bisa berjalan dengan adanya kedekatan batin yang dimulai dari komunikasi yang baik.

Di dalam kesibukan yang ada, ingatlah selalu keluarga yang ada, jangan pernah abaikan mereka, karena semuanya membutuhkan kasih sayang, membutuhkan perhatian dan ingin dicintai. Kesuksesan atau keberhasilan apapun yang dicapai setiap anggota keluarga hendaknya semakin membuat semua anggota keluaga lainnya merasakan sukacitanya.

Lihatlah orang-orang yang ada bersamamu saat ini. Pandangilah mereka satu persatu, sayangilah mereka, berusahalah memberikan pengorbanan yang terbaik bagi setiap mereka, sehingga sukacita dan rasa bahagia akan tetap hadir di tengah-tengah keluarga keceil kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Di mana kebahagiaan itu berada?

Di mana kebahagiaan itu berada? Kadang lelah jiwa mencari Karena dahaga yang tak terobati Rasa haus akan kebahagiaan Yang diharapkan memberi...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini