Sabtu, 03 Oktober 2020

BLOG WALKING MENAMBAH NUTRISI DALAM MENULIS


Selain membaca buku, salah satu langkah yang sangat baik dalam melatih menulis adalah melakukan blog walking. Apa itu blog walking? Blog walking merupakan kegiatan mengunjungi blog orang lain. Ketika berkunjung ke blog tetangga sesama blogger, otomatis kita akan mendapatkan banyak pelajaran. Hal yang pertama tentu saja akan melatih kita dalam membaca tulisan yang ada di blog tersebut, kemudian kita mendapatkan informasi dan pengetahuan yang baru seperti yang saya lakukan beberapa saat yang lalu.

Saya berkunjung ke blog Bapak Dr. Ngainun Naim di alamat https://spirit-literasi.blogspot.com/. Adapun  alasan saya mengunjungi blog beliau karena beliau merupakan sosok pegiat literasi yang menurut saya sangat aktif dalam memotivasi dan memberi semangat baru untuk tetap konsisten di dalam dunia Literasi yakni menulis dan membaca.

Setiap tulisan beliau selalu menginspirasi saya untuk tetap giat dan konsisten dalam menulis. Dari beberapa tulisan yang saya baca tadi mengingatkan kembali bahwa di dalam menulis diperlukan komitmen, tanpa komitmen yang kuat maka seorang yang ingin tetap menulis akan sulit mengalahkan tantangan baik dari internal maupun eksternal. Dari internal berupa kemalasan untuk menulis, sedangkan dari eksternal adalah nyali yang ciut dan akhirnya menyerah karena tulisan tidak dihiraukan atau bahkan dianggap jelek oleh orang lain. Ketika sudah ada komitmen tidak ada lagi hal yang membuat kita untuk tidak menulis.

Saya sangat terkesima, ketika membaca tulisan demi tulisan yang beliau muat di blog tersebut. Termasuk pada resensi buku yang memuat sebanyak 60 buah resensi, luar biasa ucapku dalam hati. Saya membaca beberapa resensi buku yang beliau tuliskan, kalimat demi kalimat sangat enak dibaca dan juga menyampaikan makna yang menyentuh setiap pembaca. 

Di blog beliau tentang esensi membaca saya kembali diingatkan bahwa dengan membaca seseorang akan memiliki pengetahuan yang luas. Dengan membaca juga akan melatih otak untuk tetap bekerja dan menghindarkan diri dari kepikunan dini. Dengan banyak membaca seseorang juga akan terlatih untuk bisa menulis dan menghasilkan banyak karya.

Beliau juga menyatakan bahwa dengan menulis akan mendapatkan banyak berkah. Berkah yang sudah beliau rasakan adalah dapat menghasilkan 
banyak karya dalam bentuk buku, dimana hampir setiap bulan ada saja karya yang dihasilkan baik buku sendiri ataupun buku antologi. Berkah lainnya adalah menambah teman. Semakin aktif dalam kegiatan literasi semakin banyak orang yang dikenal yang sama-sama giat didalam kegiatan literasi. Dengan menulis juga bisa mendapatkan berkah menjadi narasumber, trainer, editor buku dan juga ditawari untuk membuat kata pengantar sebuah buku walaupun tidak pernah berjumpa secara langsung.

Banyak hal yang saya peroleh ketika melakukan blog walking, sangat bemanfaat apabila blog walking terus dilakukan dan tentunya jangan lupa meninggalkan jejak pada kolom komentar sebagai salah satu etika yang baik dalam blog walking. Dengan blog walking pengetahuan kita akan bertambah. Dari tulisan-tulisan yang kita baca akan semakin memantapkan kita dalam menulis dan tentunya akan memupuk interaksi yang baik antara sesama blogger. Yang pasti melalui blog walking akan semakin menambah nutrisi untuk tetap konsisten dalam menulis.

Tetap Semangat dan Salam Literasi.   

4 komentar:

  1. Betul pak...kita memang harus tetap blog.Walking... Cuma saya masih sulit untuk konsisten menulis di blog.. Semangat terus ya.. Pak..
    Semoga saya nanti termotivasi nih

    BalasHapus
  2. Blog walking membuat semangat menulis terus terjaga.

    BalasHapus

Postingan Terbaru

Di mana kebahagiaan itu berada?

Di mana kebahagiaan itu berada? Kadang lelah jiwa mencari Karena dahaga yang tak terobati Rasa haus akan kebahagiaan Yang diharapkan memberi...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini