Kamis, 15 Oktober 2020

Tanpa Pengharapan, Hidup akan terasa Hambar

Tidak ada seorangpun yang tahu apa yang akan terjadi esok hari, jangankan esok hari, untuk apa yang akan dialami satu menit bahkan satu detik yang akan datang tak seorangpun yang bisa memastikannya. Tetapi ketika ada pengharapan, kita akan menyongsong masa yang akan datang dengan penuh semangat dan optimis bahwa akan ada kehidupan yang lebih baik yang akan kita terima.

Pengharapan berasal dari kata harap, yang berarti ingin atau rindu. Menurut KBBI, pengharapan artinya mempunyai harapan. Di dalam bahasa teologia, pengharapan merupakan proses penantian terhadap hal-hal yang akan terjadi pada masa yang akan datang yang tidak terbatas hanya pada kehidupan saat ini tetapi juga pada kehidupan setelah kita melewati kehidupan di dunia ini.

Tanpa pengharapan sulit bagi seseorang untuk bisa melangkah dengan penuh semangat dan penuh keyakinan. Memang kita tidak bisa memastikan segala yang akan kita lalui adalah hal-hal yang menyenangkan dan jauh dari rintangan, tetapi ketika pengharapan ada di dalam hati maka ditengah tantangan, permasalahan, penderitaan dan kesulitan apapun itu akan dapat dijalani dengan kepercayaan bahwa semuanya bisa dilalui dan itu semua akan mendatangkan kebaikan di masa yang akan datang.

Ditengah pergumulan yang dihadapi, masalah yang datang bertubi-tubi, kehidupan ekonomi yang semakin menekan bahkan penyakit yang tidak kunjung pulih dan berbagai kekurangan yang sering melemahkan. Disaat itulah pengharapan hadir untuk memberikan semangat untuk bertahan, menopang untuk tetap berdiri tegak, mengangkat kepala untuk tetap berani menatap masa yang akan datang dengan penuh harapan.

Apapun yang terjadi dan kita alami saat ini tetaplah berpengharapan, dengan berjuang dan melangkah dengan tenaga yang masih tersisa, bekerja keras, fokus dengan terus memandang kepada tujuan yang hendak digapai dan yang pasti tetap berserah sepenuhnya kepada Sang Khalik yang berkuasa sepenuhnya atas jagad raya. Mungkin membutuhkan perjuangan, keringat bahkan air mata untuk menggapainya. Tetapi yakinlah dengan tetap pengharapan kita pasti akan memperoleh kebahagiaan...

3 komentar:

  1. Keren sekali Pk
    Sangat menginspirasi
    Mengena sekali ke hati
    Hidup butuh perjuangan 💪💪💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih ibu.. Tetap semangat dan berjuang...
      Salam Literasi

      Hapus
    2. Terimakasih ibu.. Tetap semangat dan berjuang...
      Salam Literasi

      Hapus

Postingan Terbaru

Iman dan Ilmu Pengetahuan

Iman dan Ilmu Pengetahuan   (Oleh: Sahat Serasi Naibaho, S.Si, Gr.)   Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal:  dalam ...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini