Minggu, 18 Oktober 2020

Kesehatan adalah muzijat yang sering terlupakan

Dalam ilmu biologi, makhluk hidup tersusun dari bagian yang terkecil yang dinamakan sel, kemudian gabungan dari sel-sel tersebut membentuk jaringan yang selanjutnya membentuk organ-organ yang berkoordinasi membentuk sistem organ yang bekerja secara luar biasa sehingga tebentuklah organisme (makhluk hidup) salah satunya adalah manusia. Sangat luar biasa karya Sang Pencipta yang telah menyusun puluhan sampai ratusan triliun sel yang ada pada tubuh manusia. Semuanya saling terkait dan bekerja sama saling mendukung. 

Organ-organ tubuh memiliki fungsi masing-masing namun saling menopang. Ada organ yang berfungsi mencerna makanan hingga membuang zat sisa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, memompa darah yang selanjutnya diedarkan ke seluruh tubuh, menghirup oksigen serta mengolahnya sampai mengeluarkan gas karbondioksida, menerima informasi oleh alat indra dan meneruskannya ke otak sehingga menggerakkan sensor motorik untuk memberikan respon dan banyak lagi sistem kerja yang terjadi di dalam tubuh kita yang tidak bisa dijabarkan satu persatu.

Contoh sederhana, ketika masih bisa membaca tulisan inipun, berbagai organ sedang bekerjasama sehingga kita bisa mendapatkan informasi dan mengolahnya. Mulai dari mata yang masih bisa menerima pantulan cahaya dari HP yang kita pegang.  Cahaya dari HP menembus kornea dan pupil kemudian difokuskan pada retina oleh lensa. Berbagai proses reaksi kimia terjadi yang akhirnya menghasilkan ion dan sel yang menghasilkan energi listrik yang merangsang saraf mata di retina.

Bayangan yang mengenai mata dalam bentuk cahaya selanjutnya diteruskan dalam bentuk sinyal listrik. Dalam perjalanan menuju otak sinyal listrik tersebut diubah menjadi energi kimia tanpa kehilangan informasi yang dibawa yang mengalir melalui sel-sel saraf. Ketika dipindahkan ke saraf berikutnya, sinyal ini diubah lagi menjadi sinyal listrik dan melanjutkan perjalanannya ke tempat titik sambungan lainnya. 

Dengan cara ini sinyal berhasil mencapai pusat penglihatan pada otak, di sini sinyal tersebut dibandingkan dengan informasi yang ada di pusat memori dan bayangan tersebut ditafsirkan, akhirnya kita dapat melihat tulisan ini dengan sempurna dan semua rentetan peristiwa yang menakjubkan ini terjadi pada waktu kurang dari 1 detik. 

Sungguh luar biasa bukan? Ini masih satu contoh dari sekian banyak sistem kerja organ yang terjadi di dalam tubuh kita. Belum lagi berbicara tentang sistem daya tahan tubuh (imun), tanpa kita sadari dan rasakan sistem ini akan terus mengidentifikasi berbagai macam pengaruh biologis luar seperti dari infeksibakterivirus sampai parasit, serta menghancurkan zat-zat asing lain dan memusnahkan mereka dari sel dan jaringan di dalam tubuh kita agar tetap berfungsi secara normal.

Ketika organ-organ tubuh kita masih dapat bekerja dengan baik, saat semuanya masih dapat saling mendukung dan menopang dalam melakukan aktivitas sehari-hari, sudah seharusnyalah kita mensyukurinya. Masih bisa berjalan bahkan berlari, masih bisa melihat dan mengedipkan mata, masih bisa mendengar maupun berbicara, masih bisa tersenyum dan mengungkapkan rasa cinta kepada keluarga.

Betapa besarnya anugerah yang kita terima melalui kesehatan yang masih ada sampai detik ini. Oleh karenanya patutlah kita menjaga kesehatan yang Tuhan izinkan kita nikmati. Dan yang terutama adalah rasa syukur, karena hanya dengan bersyukurlah kita bisa merasa bahagia. Dengan selalu bersyukur, tersenyum dan hati yang berbahagialah justru dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga menjauhkan diri dari penyakit yang bisa merongrong tubuh kita.

Ingatlah bahwa kesehatan adalah suatu muzijat yang Tuhan anugerahkan kepada kita... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Di mana kebahagiaan itu berada?

Di mana kebahagiaan itu berada? Kadang lelah jiwa mencari Karena dahaga yang tak terobati Rasa haus akan kebahagiaan Yang diharapkan memberi...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini