Rabu, 28 Oktober 2020

Selalu berpikir positip

Semua aktivitas yang kita lakukan adalah berdasarkan perintah dari otak yang sangat dipengaruhi oleh apa yang kita pikirkan. Ketika pikiran terganggu maka semua aktivitas yang diperintahkannya akan terganggu. Sehingga begitu pentingnya kita harus menjaga agar pikiran tetap terlingdungi dan tidak mudah diganggu oleh situasi-situasi negatip yang kita timbulkan sendiri.

Berpikir positip, ya itulah kunci supaya kita dapat melangkah dengan suatu keyakinan dan ketenangan. Tidak terpengaruh oleh berbagai praduga yang mencoba untuk menarik kita untuk menduga-duga hal yang belum tentu seperti yang kita pikirkan. Sebelum sesuatu benar adanya janganlah mencoba-coba untuk mengambil suatu asumsi yang bisa saja itu salah karena tidak sesuai dengan yang sebenarnya.

Benar saja, pernah suatu ketika istri saya marah kepada salah seorang guru di sekolahnya. Sebagai Kepala Sekolah istri saya merasa kesal terhadapnya. Ketika menyampaikan informasi libur sekolah melalui telepon, rupanya anak dari teman guru istri saya yang mengangkatnya dan mengatakan bahwa dia sedang tidak berada bersama dengan mamanya.  Istri saya merasa kesal dan langsung melampiaskannya kepada saya, "iya dia memang seperti itu, masa telepon saya tidak dijawabnya, saya dengar suaranya, dia ada disamping anaknya itu tadi tapi tidak mau berbicara dengan saya" ucapnya istri kepada saya.

Saya berusaha menenangkannya dan mengatakan untuk berpikir positip, bisa saja situ suara orang lain yang dindengarnya saat itu. Dan ternyata benar, sore harinya guru tersebut menelpon istri saya untuk memastikan tentang informasi libur yang disampiakan anaknya kepadanya dan mengatakan pagi tadi dia sedang tidak bersama anaknya, tetapi anaknya tersebut sedang belajar bersama guru sekolahnya. 

Hal diatas merupakan salah satu contoh dari banyaknya kejadian yang sering terjadi dalam kehidupan kita, langsung mengambil suatu kesimpulan yang belum pasti kebenarannya dan hal itu pastilah hal itu sudah mengganggu emosi dan pikiran kita seperti cerita diatas, istri saya tidak bisa tenang karena sudah terlebih dahulu berpikiran negatip dan membawa pikiran negatip tersebut menggangu dirinya. Orang yang kita kira telah berbuat sesuatu yang tidak benar hanya tenang-tenang saja, sedangkan kita sudah rugi karena telah meghakiminya sampai membuat kita emosi dan pastinya sukacita tidak akan ada lagi pada kita.  

Oleh karena itu apapun yang terjadi di dalam hidup kita saat ini, berusaha untuk berpikir positip. karena dengan berpikir positip akan ada energi positip yang akan terus mendorong kita untuk melakukan hal-hal yang baik. Seandainyapun apa yang kita sangkakan pada orang lain itu benar, tidak ada alasan bagi kita untuk menghakiminya karena itu akan merugikan diri kita sendiri. 

Ayo terus melangkah dengan berpikir positip akan sekeliling kita karena itu akan memberikan ketenangan di dalam setiap langkah kehidupan ini.

"Jika Anda berpikir positif, Anda menarik hal positif masuk ke hidup Anda. Begitu juga sebaliknya." – Denny Santoso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Di mana kebahagiaan itu berada?

Di mana kebahagiaan itu berada? Kadang lelah jiwa mencari Karena dahaga yang tak terobati Rasa haus akan kebahagiaan Yang diharapkan memberi...

Postingan Terpopuler dalam sebulan ini